Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Melonjak lagi, Tambah 32, Total sudah 1038

PADANG, METRO
Lonjakan penambahan warga yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona atau Covid-19 masih terus melanda Sumatra Barat (Sumbar). Kamis (6/8) dilaporkan penambahan 32 orang warga Sumbar yang positif Covid-19, sehingga total warga Sumbar yang positif menjadi 1.038 kasus.

Sementara jumlah pasien spositif Covid-10 yang sembuh bertambah 11 orang dan totalnya kini sudah 787 orang. Selain itu, jumlah pasien positif yang meninggal tidak mengalami penambahan dan masih pada angka 34 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengatakan, dari pemeriksaan 1.986 sample di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, terkonfirmasi tambahan 32 orang warga Sumbar positif Covid-19.

“Rincian 32 orang positif ini masing-masing di Kabupaten Agam tujuh orang, Kota Solok enam orang, Kota Sawahlunto enam orang, Kota Padang 11 orang dan Kabupaten Solok dua orang. Satu orang yang terkonfirmasi positif di Sawahlunto yakni anak berusia 5 tahun,” kata Jasman.

Dijelaskan Jasman, 32 orang penambahan pasien Covid-19 pekerjaannya tukang ojek, Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai, karyawan swasta, pelajar, provider menara telekomunikasi, karyawan bank, guru, tenaga kesehatan, Polisi, mahasiswa dan ibu rumah tangga (IRT).

“Saat ini jumlah warga Sumbar yang berstatus positif tinggal 217 orang. Rinciannya, 95 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi mandiri 78 orang, isolasi daerah 15 orang dan isolasi BPSDM 29 orang,” ujar Jasman.

Selain itu, diungkap Jasman, dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar, setelah 20 minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan,  Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan masih berstatus Zona Hijau.

“Selain itu, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Padang berstatus Zona Orange. Zona Kuning yaitu Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pesisir Selatan. Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” pungkas Jasman. (rel)

Exit mobile version