Berkat Kerjasama DPRD dan Pemkab Pasbar, Berbuah Opini WTP yang Keempat Kalinya

KABUPATEN Pasaman Barat (Pasbar), kembali meraih penghargaaan pengelola keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-4 kalinya. Dimana WTP pertama diawali pada tahun 2016 lalu. Penghargaan ini merupakan buah kerjasama dan keharmonisan DPRD dan jajaran eksekutif.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar Yusnadewi secara Virtual kepada Bupati Pasaman Barat Yulianto yang juga dihadiri Ketua DPRD Parizal Hafni, Sekda Yudesri, serta stakeholder terkait, Jumat (26/06).

Bupati Pasbar Yulianto melalui video konference menyampaikan laporan keuangan merupakan media pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepala daerah kepada DPRD sebagai wujud pilar good governance terutama transparan dan akuntabilitas.

Kerena hal tersebut adalah menyangkut perundangan undangan yang berkaitan dengan pertanggungjawaban yang mana diamanatkan dalam PP No.71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, kepada pemerintah kabupaten dan kota diharuskan menyusun laporan keuangan yang berisikan laporan realisasi, laporan perubahan SAL, Neraca, laporan operasional, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.

“Kami sangat menyadari penyajian laporan keuangan tahun 2019 ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu, kami akan terus melakukan penyempurnaan dalam pengelolaan data tersebut, baik administrasi maupun pengendalian,” kata Yulianto.

Yulianto juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat OPD di lingkungan Pemkab Pasbar. Kemudian, DPRD yang telah bekerja keras mempertahankan WTP dari BPK selama ini.

Kepada masyarakat Pasbar ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang diberikan sehingga Pemkab Pasbar dapat menjalankan sistem pengelolaan keuangan daerah sesuai peraturan perundang-undangan. “Terimakasih kepada semua perangkat OPD, terimakasih kerjasama DPRD serta dukungan masyarakat kepada pemerintah daerah. Ini semua untuk masyarakat Pasbar,” jelas Yulianto.

Selain itu, Ketua DPRD Pasbar Parizal Hafni  meyebutkan bahwa pencapaian WTP ini adalah berkat kerjasama dan kerja keras antara Pemkab dengan DPRD dalam pengelolaan keuangan. ”Ini adalah keberhasilan kita semua, Karena ini semua berkat kerja keras semua pihak dan adanya Sinergi serta kerjasama Pemkab dan DPRD, Terimakasih untuk semuanya. Semoga kedepan Pasbar lebih baik lagi,” kata Parizal Hafni.

“Opini WTP ke-4 ini mari kita jadikan motivasi tambahan bagi kita untuk melakukan akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan Pemkab,” ujar Parizal Hafni. (end)

Exit mobile version