Berbagi Berkah dari MyPertamina di Kala Pandemi Covid-19

PADANG, METRO
PT Pertamina (Persero) berupaya meringankan beban masyatakat yang terdampak di masa pandemi virus corona (Covid-19), dengan mengadakan program cashback saldo Linkaja untuk setiap pembelian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina melalui aplikasi My Pertamina. Program potongan harga berupa cashback itu, berlaku untuk konsumen kendaraan pribadi, pengemudi angkot, dan ojek online.

Salah seorang pengemudi ojek online, Indra (32) mengaku, dirinya sangat terbantu dengan adanya program cashback dari Pertamina untuk pembelian BBM Pertalite. Sejak pandemi virus corona (Covid-19), pendapatannya mengalami penurunan yang sangat signifikan, sehingga untuk beli BBM pun menjadi sulit.

“Pastinya program ini sangat membantu kami (ojol). Kalau ada cashback, pengeluaran untuk beli BBM jadi berkurang 50 persen. Saya isi BBM Rp 15 ribu, balik lagi ke saya Rp 7.500,-. Cashback bisa dipakai untuk isi BBM besoknya. Meski program ini hanya boleh untuk satu kali sehari dengana batas maksimal pembelian Rp 15 ribu, tapi sudah cukup membantu saya,” kata Indra.

Ditambahkan Indra, dirinya sejak dua bulan belakangan memang selalu melakukan pembayaran pembelian BBM menggunakan Linkaja melalui aplikasi MyPertamina. Pembayaran menjadi lebih mudah karena hanya scan melalui smartphone saja.

“Saya sudah menggunakan aplikasi MyPertamina sejak dua bulan belakangan. Dengan menggunakan aplikasi ini, saya merasa gak ribet untuk beli BBM dan kita bisa terhindar dari virus corona karena tidak perlu lagi pegang-pegang uang tunai. Apalagi juga ada undiannya, mana tau saya bisa memenangkan undiannya. Program ini berakhir sampai 31 Juli 2020,” ungkapnya.

Manfaat program casback dari Pertamina juga sangat dirasakan manfaatnya bagi Sopir angkot, Afrizal (35). Dengan adanya cashback 50 persen maksimum pembelian BBM jenis Pertalite Rp 30 ribu menggunakan Linkaja melalui aplikasi MyPertamina, bisa menghemat pengeluaran biaya pembelian BBM untuk operasional.

“Sekarang kita (sopir angkot) sangat susah. Apalagi sejak PSBB diberlakukan, penumpang sangat sepi dan juga dibatasi. Disaat seperti ini, program cashback 50 persen pembelian BBM dari Pertamina sangat bermanfaat. Untuk mendapatkan program cashback ini hanya di SPBU tertentu saja. Bisa di cek SPBU di aplikasi MyPertamina,” ujar Afrizal.

Tidak hanya ojol dan angkot yang merasakan berbagi berkah dari MyPertamina. Kendaraan pribadi juga dapat cashback untuk setiap pembelian Pertamax series dan Pertamina Dex di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Program itupun telah dimulai sejak 27 April hingga 31 Mei 2020.

Pengendara sepeda motor, Man (49) yang ditemui saat mengisi BBM di SPBU Pertamina Jalan S Parman Padang mengakui, program cashback berkah ramadhan dari Pertamina, sangat membantu masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi sejak dilanda pandemi virus corona.

“Pembayaran menggunakan Linkaja melaui aplikasi MyPertamina banyak untungnya. Saya isi BBM Pertamax seharga 20 ribu, dapat cashback 30 persen. Cashbacknya otomatis masuk langsung ke saldo Linkaja. Kita juga dapat poin yang bisa ditukar dengan marchandise dan juga ikut undian,” kata Man yang sudah setia menggunakan Pertamax.

Program Cashback MyPertamina
Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo menjelaskan, PT Pertamina (Persero) meluncurkan berbagai Program promo sepanjang bulan Ramadhan untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui aplikasi MyPertamina 2020 dan Potongan Harga Pembelian Bright Gas melalui Call Center 135 yang telah dimulai sejak April 2020.

“Program cashback Berkah Ramadhan, memberikan manfaat cashback 30 persen atau maksimum Rp 20.000 pada transaksi pertama setiap hari. Program berlaku untuk seluruh konsumen pengguna MyPertamina yang melakukan pembelian BBM jenis Pertamax Series (Pertamax dan Pertamax Turbo) dan Pertamina Dex di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Program ini telah dimulai pada 27 April 2020 hingga 31 Mei 2020,” kata Roby.

Selanjutnya, program cashback untuk pengemudi angkot. Program ini memberikan manfaat cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 30.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite dan Dexlite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Periode program ini berlaku dari 3 Mei 2020 hingga 31 Juli 2020

“Pertamina juga ada program cashback untuk pengemudi ojek online sebesar 50 persen atau maksimum Rp 15.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Periode program ini juga berlaku dari 14 April 2020 hingga 31 Juli 2020,” ujar Roby.

Roby menuturkan, khusus untuk program cashback BBM, berlaku bagi kendaraan pribadi, angkot berplat kuning yang memiliki trayek resmi dan ojek online. Untuk mendapatkan program cashback, transaksi pembelian BBM dengan pembayaran secara non tunai menggunakan LinkAja dari aplikasi MyPertamina di SPBU yang sudah terkoneksi dengan aplikasi.

“Melalui program ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, pengemudi angkot, ojol yang masih harus tetap beraktifitas di tengah wabah Covid-19. Untuk mengikuti program ini, harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja. Kemudian pengemudi dapat melakukan pembelian BBM dengan pembayaran non tunai LinkAja yang ada di aplikasi MyPertamina,” jelas Roby.

Ditambahkan Roby, cashback berlaku untuk 1 kali transaksi per hari dan program ini tidak dapat digabungkan dengan program promosi lainnya. Namun semua pengemudi angkot yang bertransaksi dengan MyPertamina tetap mendapatkan kupon untuk mengikuti undian Berbagi Berkah MyPertamina 2020.

“Untuk mengetahui SPBU yang sudah terkoneksi aplikasi MyPertamina, pengemudi angkot dapat mengeceknya di aplikasi MyPertamina atau di www.mypertamina.id/spbu. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau mengakses ke website www.mypertamina.id,” ulas Roby.

Pertamina MOR 1 Salurkan Bantuan CSR
Roby menjelaskan, untuk membantu penganganan Covid-19, Pertamina MOR 1, telah menyalurkan bantuan kepada Pemerintah Daerah di Sumatera Barat. Bantuan yang diberikan berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang dapat dipergunakan petugas mencegah penyebaran Covid-19.

“Bantuan alat kesehatan untuk anggota Satgas BUMN Peduli telah disalurkan. Pertamina juga mendistribusikan bantuan paket sembako yang disalurkan ke masyarakat Sumatera Barat. Total CSR untuk Sumbar, sudsh lebih Rp 155 juta,” pubgkas Roby. (rgr)

Exit mobile version