Lupa Matikan Kompor, Rumah dan Sekolah Terbakar

PESSEL, METRO
Diduga akibat lupa mematikan kompor, satu unit rumah di Kampung Rantau Batu Ambacang, Kenagarian Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti mengalami kebakaran hingga merembet ke bangunan sekolah yang berada di sebelahnya, Rabu (6/5) sekitar pukul 12.00 WIB.

Untungnya, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa, lantaran penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Begitu juga dengan sekolah yang ketika kejadian dalam keadaan kosong karena siswa belajar di rumah sejak pandemi Covid-19.

Kepala Satpol PP dan Damkar Pesisir Selatan, Dailipal menjelaskan satu unit rumah tersebut terbakar gara-gara pemilik rumah lupa mematikan kompor ketika pergi meninggalkan rumah.

“Rumah itu milik pasangan suami istri Ison (40) dan Emi (36) tahun. Dari informasi warga setempat, api pertama kali membesar berasal dari dapur rumah korban. Diduga kuat sumber api dari kompor yang belum sempat dimatikan. Api membesar membakar barang-barang yang mudah terbakar yang berada di dapur rumah korban dan meluas ke tengah rumah itu,” kata Dailipal.

Dailipal menjelaskan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.15 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa ini dan kerugian akibat kebakaran mencapai puluhan juta rupiah.
“Kebakaran tersebut juga merembet ke sekolah SDN 14 Rantau Baru Ambacang yang ada di sebelahnya,” kata Dailipal.

Sementara itu, Kapolsek Linggo Sari Baganti, Iptu Hardi Yasmar juga membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran.

“Api terlihat berasal dari bagian dapur rumah. Kebakaran ini mengakibatkan semua harta benda pemilik rumah habis terbakar. Sementara, untuk bangunan sekolah, terdampak pada bagian atap,” jelasnya. (rio)

Exit mobile version