Empat Pimpinan Definitif DPRD Sumbar Dilantik, Bersinergi Membangun Sumatera Barat

Hini, Jumat (4/10), empat pimpinan definitif DPRD Provinsi Sumatera Barat priode 2019-2024 akan dilantik dan diambil sumpah melalui rapat paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat.
Empat pimpinan definitif yang akan diambil sumpahnya itu adalah Supardi (Gerindra ) sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Wakil Ketua, Irsyad Syafar (PKS), Indra Dt Rajo Lelo (PAN), Suwirpen (Demokrat).
Pelantikan pimpinan definitif tersebut digelar ruang rapat utama gedung DPRD Sumbar dan dihadiri sejumlah pejabat penting, mulai dari kepala daerah, Forkopimda, tokoh masyarakat, pimpinan partai politik, Pimpinan OPD Provinsi Sumbar dan tamu undangan lainnya.
Banyak harapan tertumpah kepada empat pimpinan dewan baru yang akan dilantik. Mereka diharapkan mampu menghidupkan mesin parlemen dan menjadi nahkoda dalam menentukan arah pembangunan Sumatera Barat ke arah yang lebih baik dan pro rakyat.
Selain itu, sebagai pimpinan lembaga DPRD, diharapkan bisa bekerja secara maksimal dan professional serta mampu mambangun kerja sama yang baik dengan semua pihak.
Selalu dituntut mampu melakukan komunikasi yang baik dalam membina sinergitas antara legislatif dan eksekutif serta Forkopimda Sumatera Barat. Menjadi tim yang super, bersama-sama mendorong proses pembangunan di Sumatera Barat berjalan sesuai dengan harapan.
Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol H Fakhrizal mengucapkan selamat atas pelantikan pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat. Semoga selalu amanah dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan DPRD.
Dirinya mengatakan, dengan pengambilan sumpah/janji anggota yang baru nantinya, diharapkan bukan hanya sebatas seremonial saja, namun menjadi awal mengemban tugas menjadi wakil rakyat untuk memperjuangkan hak-hak rakyat.
“Sebagai wakil rakyat, tentu diharapkan dapat mengaktualisasikan apa yang menjadi tanggung jawabnya kepada masyarakat ,” ujarnya.
Dirinya juga menambahkan, Polri khususnya jajaran Kepolisian daerah Polda Sumbar, siap mengawal setiap kebijakan pemerintahan Sumatera Barat untuk menciptakan Provinsi Sumatera Barat menjadi daerah yang makmur, aman, dan kondusif.
Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, mengucapkan selamat kepada pimpinan definitif (Ketua dan para Wakil Ketua ) DPRD Sumbar , piode 2019-2024 yang akan diambil sumpah dan janji.
“Saya ucapkan selamat kepada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumbar yang terpilih untuk priode 2019-2024. Semoga amanah dalam menjalankan tugas yang amankahkan oleh masyarakat Sumatera Barat,” kata Kunto Arief Wibowo. Kamis (4/10).
Menurutnya, sebagai wakil rakyat, anggota DPRD sejatinya terus mengemban tugas kerakyatan dan senantiasa merakyat. “Setiap pengambilan keputusan tentu harus sesuai dengan apa yang menjadi harapan rakyat,” kata Danrem.
Dia juga berharap, kehadiran pimpinan DPRD yang baru, bisa memaksimalkan fungsi koordinasi antar unsur Forkopimda, dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah yang di Sumatera Barat.
Sumatera Barat merupakan daerah yang identik dengan adat dan budaya Minangkabau. Melalui fungsinya, DPRD diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dalam memperkuat regilasi nilai nilai budaya di Sumatera Barat.
“Kita yakin, seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat adalah orang-orang terbaik dan pilihan rakyat. Mereka juga diyakini mampu memberikan sumbangsi besar membangun masyarakat dan membangun Sumatera Barat ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.
Sementara itu, ucapan selamat juga datang dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Priyanto SH MH.
“ Selamat kepada pimpinan definitif DPRD Provinsi Sumatera Barat yang akan dilantik. Semoga amanah,” ungkapnya.
Sebagai bagian dari Forkopimda Provinsi Sumatera Barat , harapan utama yang disampaikan Priyanto adalah, pimpinan DPRD dan seluruh anggota dewan priode 2014-2019 harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik.
Selain itu, anggota DPRD sebagai perwakilan rakyat diharapkan terus memperlihatkan keberpihakan mereka terhadap masyarakat. Sebab, DPRD bukanlah milik pribadi atau satu golongan, akan tetapi milik seluruh masyarakat Sumatera Barat.
“Tugas DPRD harus berpihak kepada kepentingan rakyat secara nyata. Karena itu DPRD harus selalu meningkatkan kedisiplinannya sebagai wakil rakyat. Baik di setiap rapat-rapat dalam melaksankan tugasnya,” pungkasnya.
Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dafit Santoso juga mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat yang akan dilantik.
Harapannya, DPRD harus mengaktualisasikan apa yang menjadi tanggung jawabnya terhadap masyarakat pada saat menjalankan fungsi konstitusionalnya. Seperti fungsi legislasi, fungsi anggaran, maupun fungsi pengawasan.
Dia juga berharap, setelah empat pimpinan DPRD yang baru dilantik, kemitraan antara eksekutif dengan legislatif serta Forkopimda terus berjalan dengan baik.
“Semoga pimpinan dewan yang baru dilantik bisa menjalankan tugas dengan amanah. Sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL Padang, kita selalu siap untuk mendukung setiap kegiatan dewan yang pro dengan rakyat,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version