Ajak Kepala Daerah Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Andre Rosiade: Perbaikan Jalan Air Dingin Solok dan Sumbar segera Dikerjakan Pusat

BERTEMU— Anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir bertemu Direktur Jenderal Bina Marga Kemen PUPR Hedy Rahadian.

JAKARTA, METRO–Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade kembali mengeksekusi pemba­ngu­nan Sumbar terutama ter­kait rusaknya jalak nasional di beberapa titik di Kabu­paten dan Kota. Senin (2/4), Anggota Fraksi Partai Gerindra itu langsung me­nemui Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Pe­ru­mahan Rakyat (Kemen PUPR) Hedy Rahadian.

Andre tak sendiri dia didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yus­wir. Sebetulnya juga kan ikut Bupati Solok Selatan (Solsel) Khairunnas, tapi terkendala perjalanan ke luar dari Solsel yang seka­rang cukup lama. Karena jalan yang rusak antara Solsel sampai ke Kabu­paten Solok, utamanya di Air Dingin, Kecamatan Lem­bat Gumanti, Solok.

“Hari ini kami bersama Bupati Tanah Datar dan Bupati Sijunjung bertemu Dirjen Bina Marga PU PR pak Hedy. Alhamdulillah beliau memberikan waktu untuk berdiskusi. Yang ka­mi bahas adalah soal per­cepatan pembangunan di Sumbar. Termasuk sa­ngat urgennya perbaikan jalan ke Air Dingin dan Surian di Kabupaten Solok,” kata Andre yang sebelumnya juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Andre memastikan, dia telah mendapatkan doku­men terkait penghentian tambang di kawasan ter­sebut yang diduga menjadi penyebab utama rusaknya jalan nasional tersebut. “Alhamdulillah, dokumen sudah kami serahkan. Kami terima dari Dinas ESDM, DPMPTSP bahwa sudah ada surat penghentian se­men­tara tambang. Surat ini sudah kami berikan ke Dirjen. Pak Dirjen menja­wab seluruh keresahan masyarakat Sumbar, tahun ini juga jalan Air Dingin-Surian segera diperbaiki di tahun 2024,” katanya.

Menyambut itu, Dirjen Hedy Rahadian mengata­kan,  terkait jalan di Air Dingin-Surian karena ada longsoran, aktivitas tam­bang mengakibatkan su­sahnya memperbaikinya. “Jadi kami kesulitan kalau kegiatan tambang ini tak dihentikan, ini sudah dise­pakati dengan Pak Andre bahwa sudah ada surat penghentiannya. Segera bisa dikerjakan,” katanya.

Andre Rosiadse berte­rima kasih kepada Menteri dan Dirjen Bina Marga atas bantuannya percepatan agar jalan Air Dingin-Surian yang menjadi aspirasi ma­syarakat Kabupaten Solok dan Solok Selatan itu bisa terwujud segera. “Karena te­rus terang, Bupati Solok Selatan juga harusnya ha­dir, namun kesulitan keluar dari Solok Selatan. Tapi Al­hamdulillah, segera diek­sekusi Kementerian PUPR,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

Perbaikan Jalan di Sumbar

Selain membahas per­cepatan perbaikan jalan Aia Dingin-Surian di Kabu­paten Solok, juga memas­tikan pembangunan dan perbaikan jalan Payakum­buh ke Limapuluh Kota sampai Tanahdatar dan Sijunjung. Jalan-jalan di Sijunjung dan Tanah Datar juga akan diperbaiki de­ngan APBN dari Kemente­rian PUPR dengan angga­ran Inpres Jalan Daerah.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, dia ber­sama Anggota DPR asal Sumbar Andre Rosiade ber­temu Dirjen Bina Mar­ga, memastikan perbaikan ja­lan. Yaitu  jalan Paya­kum­buh-Setangkai, Tanah Datar dan Baso, Agam-Batusang­kar, Tanahdatar. Jalan Pila­dang, Lima Puluh Kota-Ba­tusangkar dan tu­juh pintu masuk ke jalan Provinsi yang ada di Tanah Datar. “Selanjutnya jalan Kabupa­ten yang alham­du­lillah su­dah banyak diban­tu Pak Dir­jen di tahun 2024 ini pem­bangunannya,” ka­tanya.

Eka Putra menyebut, dia kembali memastikan ke Kementerian PUPR dan juga untuk keberlang­su­ngan pembangunan di ta­hun 2025. “Pertama di pintu masuk Tanah Datar dan jalan Kabupaten yang me­mang langsung bersentu­han untuk meningkatkan perekonomian di Tanah Datar. Mengingat Tanah Datar adalah daerah perta­nian dan pariwisata, tentu akses yang kami perlukan. Alhamdulillah, bisa disam­but baik oleh Pak Dirjen dan juga didampingi oleh Ang­gota DPR RI, Andre Ro­siade,” katanya.

Eka Putra menyebut, Pemkab Tanah Datar me­ngu­capkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu perbaikan dan pembangunan jalan. “Kami ucapkan terima kasih kepa­da pak Dirjen, semoga sehat selalu, Menteri sehat selalu, dan tentunya Pak Andre Rosiade selalu sa­yang kepada kami di Kabu­paten Tanah Datar. Sehing­ga dibantu aksesnya su­paya bisa bertemu pak Dirjen,” katanya.

Sementara Bupati Si­jun­jung Benny Dwifa me­nga­takan, terima kasih kepa­da Andre Rosiade yang sudah memasilitasi Pemkab Sijunjung untuk bisa bertemu Dirjen, terkait dengan percepatan infras­truktur. “Pertama, terima kasih kepada Dirjen, Men­teri PU bahwa jalan nasio­nal di Kabupaten Sijunjung cukup panjang, 97 kilometer lebih dan hari ini diper­baiki secara bertahap. Mu­dah-mudahan setelah ini kami berharap, Sijunjung juga punya dua lajur yang membuat siapapun yang bisa melihat identitas dari Kabupaten Sijunjung,” ka­tanya.

Benny juga menyebut peran Andre Rosiade yang telah memasilitasi bebe­rapa kegiatan yang men­jadi fokus Kabupaten Sijun­jung untuk memperlancar akses ekonomi yang ada di masyarakat. “Terima kasih Pak Andre Rosiade, kami doakan sehat selalu dan tentu harapan masyarakat hari ini dengan segala ke­terbatasan anggaran dan keuangan pemerintah hari ini,” katanya.

Benny menyebut, Ka­bu­paten Sijunjung memang butuh dukungan peme­rin­tah pusat, misalnya me­lalui dana alokasi khusus (DAK) dan beberapa kegia­tan lain itu bisa dimaksi­malkan untuk membangun Kabupaten Si­junjung. “Al­hamdulillah, se­karang su­dah dalam pro­ses,” katanya.

Dirjen Bina Marga Ke­menterian PUPR Hedy Ra­hadian mengaku senang langsung bertemu kepala daerah dai Sumbar dan juga wakil rakyat Andre Rosiade.

“Terkait jalan di Air Dingin-Surian karena ada longsoran, aktivitas tam­bang mengakibatkan su­sah­nya memper­baiki­nya. Jadi kami kesulitan kalau kegiatan tambang ini tak dihentikan, ini sudah dise­pakati dengan Pak An­dre bahwa sudah ada surat penghentiannya. Segera bisa dikerjakan. Begitu juga jalan-jalan nasional lainnya di Sumbar,” katanya. (*)

Exit mobile version