Bus Bahagia Terbakar

20 Penumpang Berhamburan Selamatkan Diri
AGAM, METRO – Diduga mengalami korsleting, Bus Bahagia jurusan Padang-Payakumbuh yang berisikan 20 orang penumpang terbakar saat sedang melaju di Jalur alternatif Sicincin-Malalak tepatnya di Jorong Bukit Malanca, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 12.00 WIB.
Beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Pasalnya, sebelum bus mengalami kebakaran, sopir dan seluruh penumpangnya sempat menyelamatkan diri keluar dari bus. Setelah itu, api dengan cepat membakar bagian dalam bus dan kemudian menjalar ke bagian luar bus.
Warga yang melihat kejadian itu, sempat berusaha membantu untuk memadamkan api dengan menyiramkan air. Namun, bagian dalam bus yang terbuat dari material yang mudah terbakar, membuat api dengan cepat membesar sehingga bus tidak bisa diselamatkan dan api padam dengan sendirinya setelah satu jam kemudian.
Camat Malalak Ricky Eka Putra mengatakan dari informasi di lapangan, bus terseut berpenumpang 20 orang. Bus terssebut mereka tumpangi dari  Kota Padang dan dari awal tidak ada tanda-tanda adanya kendala ataupun kerusakan pada bus. Setelah memasuki Kecamatan Malalak ini, karena medan jalan yang menanjak, bus butuh tenaga ekstra.
“Saat di berada di jorong Bukit Malanca, bus tidak sanggup lagi untuk melaju lagi seperti tanjakan tanjakan lainya, mengeluarkan gumpalan Asap. Sopir Bus bernama Junaidi mengetahui kejadian tersebut langsung memberhentikan mobil dan memerintahkan seluruh penumpangnya untuk turun,” kata Ricky.
Ricky menambahkan tidak beberapa lama para penumpang bus itu turun. Saat penumpang sudah turun, terlihat percikan api dari dalam bus tersebut dan langsung membesar. Api kemudian menyambar ke seluruh bagian bus hingga menghanguskan bus tersebut
“Tidak ada yang bisa di selamatkan sebab api menjalar begitu cepat sehingga para penumpang beserta sopir tidak bisa berbuat banyak. Untuk plat nomor kendaraan sendiri tidak terlihat jelas karena sudah hangus terbakar. Alhamdulilah dalam peristiwa ini tidak ada menelan korban jiwa,namun kasus ini telah di tangani oleh pihak Polsek IV Koto,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolsek IV Koto Iptu Edy Yunasri mengatakan, dalam kejadian itu dipastikan tak ada korban jiwa. Usai mendapatkan laporan terjadinya kebakaran bus, pihaknya langsung mendatangi lokasi melakukan pengamanan dan memintai keterangan saksi. Saat ini, masih dalam tahap penyelidikan.
“Kebakaran itu tidak membuat akses jalan terganggu, karena bus mengalami kebakaran saat sudah berhenti di pinggir jalan. Saat ini penyebab pastinya belum kita ketahui karena masih dalam penyelidikan. Tapi informasinya sebelum terbakar ada percikan api dari dalam bus, dan diduga ada korsleting,” pungkasnya. (pry)

Exit mobile version