Prabowo Perkuat TNI-AU, Tambah Puluhan Pesawat Tempur

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI

JAKARTA, METRO–Dalam lawatan ke Jawa Timur akhir pekan ini, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menemui para penerbang tempur yang bermarkas di Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Iswahjudi. Orang nomor satu di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) itu menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat TNI Angkatan Udara. Salah satu langkah yang ditempuh adalah pengadaan alat utama sistem persenjataan.

Sejak awal bertugas sebagai Menhan, Prabowo menegaskan, komitmennya tidak berubah. Dia sadar betul TNI-AU punya tugas yang tidak mudah, yakni menjaga kedaulatan di wilayah udara tanah air yang begitu luas. “Saya ingin TNI-AU kita unggul dan kuat,” tegas Prabowo kepada para penerbang tempur di Lanud TNI-AU Iswahjudi. Menurut dia, kekuatan itu penting untuk memastikan matra udara Indonesia disegani negara lain.

Prabowo terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan banyak negara. Termasuk dengan Prancis. Dari sana kemudian muncul pengadaan pesawat tempur generasi 4.5 buatan Dassault Aviation, Dassault Rafale. Tidak tanggung-tanggung, Kemenhan sudah menyatakan bakal memboyong 42 unit Rafale untuk digunakan TNI-AU. “Saya berbuat semaksimal mungkin membangun TNI Angkatan Udara supaya kuat dan menjadi kebanggaan seluruh bangsa,” tegas dia.

Nanti puluhan pesawat tempur itu akan ditempatkan di berbagai pangkalan TNI-AU. Khusus di Lanud TNI-AU Iswahjudi, saat ini sudah ada satu Skadron Tempur F-16, Sukhoi SU-30, dan T-50i Golden Eagle. Sebelum mendarat, pesawat yang ditumpangi Prabowo mendapat pengawalan dari pesawat tempur F-16. Itu dilakukan para penerbang tempur di lanud TNI-AU sebagai bentuk penghormatan kepada mantan panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) tersebut.

Tidak hanya meninjau dan melihat langsung kesiapan pesawat tempur di lanud itu, Prabowo juga mendengar paparan dan menyampaikan sejumlah arahan. Pejabat yang juga ketua umum Partai Gerindra tersebut mengaku terharu dan bangga melihat TNI-AU saat ini. “Saya bangga sama kalian,” tegas dia.

Purnawirawan jenderal bintang tiga itu pun tidak malu-malu menyatakan bahwa dirinya menitikkan air mata melihat para penerbang pesawat tempur TNI-AU. “Air mata saya keluar lihat angkatan uda­ra,” ungkapnya. (jpg)

Exit mobile version