Survei SPIN: Prabowo Masih Posisi Puncak Disusul Ganjar dan Anies

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

JAKARTA, METRO–Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkait pilihan calon presiden (cap­res) generasi milenial dengan rentang usia 17-39 tahun. Berdasarkan hasil survei, Prabowo Subianto berada di posisi atas, yang kemudian disusul Guber­nur Jawa Tengah Ganjar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Seandainya Pemilu dilaksanakan hari ini, ada 27,7 persen gen Z dan Y yang memilih Prabowo menjadi Presiden beri­kutnya,” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara seca­ra daring, Senin (6/6).

“Sementara, baik Gan­jar dan Anies masih tetap menguntit masing-masing dengan perolehan 15,5 persen dan 14,1 per­sen,” tambahnya.

Igor menjelaskan, mes­kipun Ganjar lebih banyak diketahui oleh dua gene­rasi ini dengan perolehan (88,1 persen) daripada Rid­wan Kamil (87,7 persen), tetapi likeabilitasnya bera­da dibawah Ridwan Kamil (70,4 persen). Hal yang sama juga terjadi pada Airlangga Hartarto, dima­na popularitasnya berada di atas Khofifah dan Erick Thohir, namun likea­bili­tasnya berada dibawah Khofifah dan Erick Thohir.

Menurut Igor, Gen Z dan Gen Y (Milenial) akan memilih calon Pre­siden (Capres) 2024 yang bisa menjamin ma­sa depan mereka se­perti keter­sediaan lapa­ngan peker­jaan. Oleh karena itu, Pilpres 2024 menjadi ajang penting bagi mereka.

“Karena kaum mile­nial butuh pekerjaan dan berharap perekonomian Indonesia membaik,” cetus Igor.

Survei SPIN dila­ku­kan pada 11-21 Mei 2022 dengan total jumlah res­ponden 1230. Populasi sasarannya hanya kelom­pok usia Gen Z dan Gen Y dengan usia minimal 16 tahun dan akan 17 tahun hingga 39 tahun di 2023 nanti.

Sementara itu, sebaran sampel tersebar di 34 pro­vinsi, dengan teknik sam­pel menggunakan multistage random sampling pada ting­kat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen. Teknik pe­ngumpulan data dilakukan den­gan wawancara lang­sung. (jpg)

Exit mobile version