Rumah dan Kandang Ayam Pensiunan Guru Terbakar, Dua Mobil dan Satu Motor Dilahap Api, Ribuan Ayam Broiler Terpanggang di Payakumbuh

KEBAKARAN— Tim Damkar Payakumbuh dibantu Damkar Limapuluh Kota berjibaku memadamkan api yang membakar rumah dan kandang ayam broiler milik pensiunan guru.

PAYAKUMBUH, METRO–Kebakaran hebat melanda bangunan rumah dan kandang ayam milik pensiunan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Perumahan Kubang Gajah Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Kamis (2/6) pagi, sekitar pukul 07.45 WIB.

Musibah kebakaran itu sontak saja menimbulkan kepanikan bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kebakaran lantaran takut api terus membesar dan mejalar ke bangunan lain. Warga pun berusaha membantu untuk memadamkan api sebelum petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba di lokasi.

Namun, api yang begitu cepat membesar, membuat upaya warga tak begitu membuahkan hasil yang diharapkan. Bahkan, dua mobil dan satu unit sepeda motor ikut dilahap api. Beruntung, petugas Damkar datang tepat waktu dan langsung melakukan pemadaman.

Hanya saja, meski berhasil dipadamkan setelah berjibaku lebih dari 1,5 jam, tak banyak barang-barang yang terselamatkan. Bahkan, ribuan ayam potong di kandang tersebut jadi arang. Meski begitu, dipastikan dalam musibah kebakaran ini tidak ada menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir ratusan juta rupiah.

Kabid Damkar Budi Kurniawan didampingi Kasi Ops Eci dan Danton Indra Jaya kepada media mengatakan sumber api menurut saksi mata diduga  berasal dari dapur. Akibat kejadian itu rumah, kandang ayam, sementara dua mobil dan satu unit motor ikut terbakar.

“Untuk motor seluruh bagiannya sudah ludes terbakar. Sementara satu unit mobil pikap terkena di bagian samping, Sedangkan satu unit minibus hangus hingga setengah bagian mobil. Pada saat kejadian pemilik sedang berada di rumah,” kata Budi.

Ditambahkannya, dari data yang dihimpun oleh petugas Damkar, kerugian diprediksi sampai ratusan juta. Karena, selain menghabiskan rumah, mobil dan motor. Api juga membakar ribuan ayam potong milik korban.

“Kami mengerahkan seluruh armada Damkar dan juga dibantu dua unit dari Kabupaten Limapuluh Kota. Pemadaman dilakukan dalam waktu 1,5 jam. Terkait penyebab pasti kebakaran, masih diselidiki oleh pihak berwajib. Untuk korban jiwa tidak ada,” katanya.

Budi mengungkapkan, sarga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913.

“Kami mengimbau kepada warga Kota Payakumbuh agar segera malaporkan kepada kami jika terjadi kebakaran. Jika laporannya masuk cepat, maka kami cepat juga datang ke lokasi sehingga bisa melakukan pemadaman dengan cepat juga untuk mengurangi kerugian materil yang ditimbulkan,” pungkasnya. (uus)

Exit mobile version