Jokowi: Pancasila itu Bintang Penuntun

UPACARA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

ENDE, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabu­paten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6). Pertama kalinya, kepala negara menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di Ka­bupaten Ende.

“Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemer­dekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara,” kata Jokowi dalam amanatnya.

Presiden Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama membumikan dan mengaktualisasikan Pancasila dalam kehi­dupan bermasyarakat.

“Dari kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila. Dan meng­aktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berma­syarakat berbangsa dan bernegara,” ucap Jokowi.

Jokowi juga me­ngatakan bahwa selain menjadi pemersatu bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun di kala Indonesia menghadapi tanta­ngan dan ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa negara dan bangsa kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujar Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar Pancasila dapat diim­plementasikan dalam sistem tata kelola peme­rintahan dan interaksi sesama anak bangsa.

“Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila,” pinta Jokowi.

Dalam upacara kali ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus membacakan teks Pembukaan UUD 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanu­siaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memim­pin pembacaan doa. (jpg)

Exit mobile version