Hendri Septa Kembali Terima Penghargaan Nasional

Wali Kota Padang, Hendri Septa.

PADANG, METRO–Di pertengahan tahun 2022, Wali Kota Kota Padang Hendri Septa kembali meraih penghargaan nasional. Kali ini penghargaan yang diterima bertajuk  ‘Nir­wasita Tantra 2021’ dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk kategori kota besar.

Penghargaan tingkat nasional itu akan diterima Hendri Septa langsung dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya pada 20 Mei 2022 mendatang, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat. Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 merupakan penghargaan ke-34 yang diterima Wako Padang, Hendri Septa rentang Januari 2021 hingga Mei 2022.

Kepala Dinas Lingku­ngan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon men­je­laskan, penghargaan ‘Nir­wasita Tantra merupakan program dari Kementerian LHK untuk menilai ke­bija­kan Kepala Daerah ber­sama Ketua Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

“Melalui penghargaan ‘Nirwasita Tantra ini pe­merintah pusat ingin me­lihat bagaimana wali kota, Ketua DPRD dan ke­pala dinas mengatasi dan me­ngu­rangi dampak terhadap permasalahan lingkungan, seperti pencemaran udara, pengelolaan sampah, ter­masuk juga dari segi pe­nganggaran”, ulas Kadis.

Lebih lanjut Mairizon menjelaskan, penghar­ga­an ini juga tidak lepas dari sejumlah inovasi dan kerja keras yang dilakukan oleh DLH Kota Padang, di an­taranya; memasang CCTV di mobil pengangkut sam­pah, mem­bentuk tim pe­negakkan hukum pada area-area tertentu yang diduga terjadi pelanggaran dan menerbitkan Perwako, dimana bagi masyarakat yang melaporkan terja­dinya pencemaran dan kerusakan lingkungan akan diberikan insentif.

“Kota Padang masuk ke dalam kategori Kota Besar. Di Indonesia hanya tiga kota yang menerima peng­hargaan ini yakni, Kota Padang, Balikpapan dan Surabaya,” jelas Mairizon.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa bersyukur diterimanya ka­bar baik bahwa Kota Pa­dang akan menerima peng­hargaan ‘Nirwasita Tantra 2021’ dari Kementerian LHK Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, Peme­rintah Kota Padang kem­bali meraih penghargaan di tingkat nasional. Ini sebagai bukti upaya kita dalam membangun Kota Padang. Untuk itu saya ucapkan terima kasih ke­pada warga Kota Padang dan semua pihak yang te­rus mendukung pemba­ngunan di Kota Padang,” pungkas Wako. (*/tin)

Exit mobile version