Buka Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Bukittinggi, Wapres RI Apresiasi Komitmen Pemprov Sumbar Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM

PERESMIAN GERNAS BBI— Wapres RI, Maaruf Amin, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Menparekraf RI, Sandiaga Uno dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah memukul gandang tasa sebagai tanda peresmian Gernas BBI Sumbar di pelataran Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Selasa (12/4).

BUKITTINGGI, METRO–Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) untuk men­dorong daya saing produk dan pemasaran UMKM di Sumbar. Di mana untuk mendorong daya saing ter­sebut, dilaksanakan me­lalui peningkatan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi in­formasi dan komunikasi.

Dengan upaya terse­but, berdasarkan laporan pengukuran daya saing digital Indonesia tahun 2022, pada Maret lalu, men­jadikan Provinsi Sumbar berada pada posisi sem­bilan dari 34 provinsi se-Indonesia.

“Kita ingin bangkitkan gairah masyarakat dan bangga menggunakan pro­duk lokal. Tidak ada pilihan lain, kita harus tingkatkan digitalisasi. Karena itu saya mengapresiasi komitmen Sumatera Barat sehingga bisa naik tiga peringkat dari sebelumnya,” ungkap Ma’­ruf Amin saat membuka secara resmi Gerakan Na­sional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sum­bar, di pelataran Jam Ga­dang, Kota Bukittinggi, Se­lasa sore (12/4).

“Semoga naik terus dan jadi bisa terdepan di Su­ma­tera. Termasuk pe­ngem­bangan internet di pedesaan yang akan men­dorong ekonomi di dae­rah,” tambahnya.

Ma’ruf Amin juga meng­ap­resiasi upaya pengemba­ngan ekonomi syariah di Sumbar. Menurutnya, Sum­bar sebagai daerah yang sangat religius dengan falsafah Adat Basandi Sya­rak, Syarak Basandi Kita­bullah (ABS-SBK) harus menjadi yang terdepan dalam ekonomi syariah.

“Pembentukan zona ku­liner halal akan turut men­dorong pengemba­ngan eko­­nomi syariah di Sumbar. Ibarat kalau da­lam kaedah fikihnya, kalau tidak syariah itu sama saja dengan tidak ada. Saya ju­ga mengim­bau para pe­rantau dan p­engu­saha asal Sumbar yang sukses, agar tu­rut mem­bantu mengem­bang­kan sayap UM­KM Sumbar,” te­gas Ma’ruf Amin.

Gubernur Sum­bar, Mah­yeldi An­sha­rullah me­nyampaikan teri­makasih atas keha­di­ran sekaligus peresmian Ger­nas BBI oleh Wapres, Ma’­ruf Amin. Mahyeldi me­nyebut, upa­ya pemu­lihan sektor UM­KM yang di­hantam pande­mi Covid-19 merupakan program unggulan Peme­rintah Pro­vinsi Sumbar.

Beberapa misi yang di­tetapkan Pem­prov Sum­­bar di an­ta­ranya iala­h men­cetak 100 ribu entrepre­ne­nur, mening­katkan akses ke­ua­ngan bagi UMKM, digi­ta­lisasi, dan mem­bangun des­ti­nasi wisata, dan seni bu­da­ya bertaraf interna­sional.

“UMKM memang tu­lang punggung ekonomi Indonesia. Untuk melin­dungi UMKM kita lakukan berbagai upaya dan men­jadikan dalam RPJMD se­ba­­gai program unggulan. Upaya lain melalui pe­ngem­bangan ekonomi sya­riah. Alhamdulillah Bapak Wapres sudah mengingat­kan kami. Kami mohon doa agar ikhtiar kami bersama, konversi bank syariah bisa kita laksanakan,” ungkap Mahyeldi.

“Ekonomi syariah men­jadi penting dalam pe­ngembangan ekonomi di Sumbar.  Pak Wapres, In­sya Allah kami di Sumbar akan berusaha maksimal sebagai pen­dorong, men­jadikan Indonesia sebagai pusat eko­nomi dan keua­ngan syariah di dunia,” tambah Mah­yeldi.

Dengan mengambil te­ma “Maju Berkah Basamo UMKM Sumbar” pem­bukaan gerakan nasional ini diharapkan mampu mem­bangkitkan gairah ma­syarakat pada produk lokal dan kebanggaan meng­gunakannya.

Peresmian ditandai de­ngan pemukulan gandang tasa secara bersama-sama oleh Wapres Maaruf Amin, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Menteri Pariwisata Ekono­mi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno dan Gu­bernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Ketua Dewan Komi­sio­ner OJK, Wimboh Santoso menyebut, peresmian Ge­rakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Sumbar akan mendorong UMKM Sumbar mampu bersaing bahkan hingga manca­negara.

“OJK sebagai campaign manager men­do­rong asa ini dengan be­berapa program unggulan. Di antaranya akselerasi digital UMKM dan program kampus UMKM. Kegiatan serupa juga akan digelar pada Mei mendatang di Kota Payakumbuh dan dilan­jutkan di Padang, pada Juni,” terang Wimboh.

Turut hadir dalam pe­resmian ini Menteri Koor­dinator Maritim dan In­vestasiu (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, se­cara virtual, Pangdam Bukit Barisan, Mayjen TNI Ach­mad Daniel. Tampak juga hadir Wali Kota Pa­dang Hendri Septa, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dan Wali Kota Pa­yakumbuh Riza Falepi. (rel/fan/adv)

Exit mobile version