21 Tahun POSMETRO PADANG, Tajam Mencerahkan

Hari ini, Selasa 12 April 2022 Harian POSMETRO PA­DANG tepat berusia 21 ta­hun. Usia dewasa yang kalau orang Indonesia sudah bisa dipilih dan memilih pastinya. Namun, bagi sebuah media cetak atau koran, tentu akan menjadi tantangan tersendiri untuk tetap eksis di dunia yang katanya sudah masuk era digi­talisasi ini.

Sejak berdiri 12 April 2001 lalu, POSMETRO sejatinya su­dah menjadi teman pagi bagi sebagian warga Kota Padang, umumnya di Sumbar. Bahkan, koran kesayangan semua ini sudah bisa dibaca pada pukul 23.00 WIB, di hari yang sama saat be­rita ditulis, diedit, sampai dicetak. Hal itu semua tentu adalah pela­yanan bagi pembaca setia.

H Marah Suryanto (Komisaris Utama PT Posmetro Padang Pers) dan H Syukron Putra (General Manager POSMETRO PADANG).

 Kini, di tengah pesatnya perkembangan teknologi, kami di redaksi tentu tak ingin tinggal diam. Saat media berpacu-pacu menjadi yang tercepat, tetap saja akurasi dan ke­benaran serta keper­ca­yaan sangat diperlukan. Tak heran, kami masih men­­dengar bahasa-bahasa rak­yat yang menyebut, “Kalau belum baca POSMETRO, masih ragu kita kejadian sebenarnya.”

 Nah, itu adalah bukti, kalau koran masih dicintai masyarakat Sumbar. Ter­bukti dengan masih eksis­nya sejumlah surat kabar selain kami di Ranah Mi­nang ini. Namun, tentu kami tak ingin jemawa dengan se­mua ini. Kami pun telah me­leng­kapi diri dengan media onli­ne pos­metropa­dang.co.id dan juga media sosial seperti Ins­tagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

 Pada 21 tahun kali ini, kami melihat kondisi belum stabil benar. Masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang hampir tiga tahun kita jalani bersama. Berat. Su­sah. Dan banyak lagi cobaan menghadang. Kini, pada Ramadhan 1443/2022, har­ga-harga barang naik, BBM naik, semua seperti tak ter­kendali. Bahkan, de­mo-de­mo mahasiswa juga sudah memuncak di­mana-mana.

Sebagai media yang tegak lurus dengan jurna­listik, berpedoman kepada UU 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jur­na­listik (KEJ), kami mengam­bil tema milad kali ini de­ngan “Tajam Mencerah­kan.” Mungkin benar, kalau tema ini sangat berat di tengah ketidakpastian eko­nomi hari ini. Tapi bagi kami, ini adalah jalan yang harus ditempuh dan dilalui. Meskipun berat sekali. 

Direktur PT Posmetro Padang Pers yang juga General Manag­er POS­MET­­RO PADANG H Syuk­ron Putra mengatakan, logo ulang tahun ke-21 seperti bintang emas dan perak. Bintang yang seja­tinya tajam dan juga men­cerahkan itu diambil, agar bisa menyampaikan pesan kepada semua, kalau POS­METRO tetap tegak lurus dalam menyampaikan be­rita seperti tagline yang selalu dipakai; Kritis, Dina­mis dan Terpercaya.

Syukron menyebut, ke­ta­jaman “pena” awak re­daksi memang tak perlu di­ragukan lagi. Karena selalu hadir dengan berita-berita yang kuat, menarik, tapi tak melupakan unsur-unsur jur­nalistik yang lengkap. Ten­tunya hal itu didukung awak redaksi yang berkua­lias dan berpengalaman. Ibarat ka­ta, seperti emas dan perak di tengah hoaks atau berita bohong yang terus ber­seliweran setiap saat.

Bicara soal mence­rah­kan, kata Syukron, tentu sebuah media cetak harus punya visi untuk mem­bantu berkembangnya se­mua yang ada di sekeliling atau di lingkungannya. Ka­re­na POSMETRO hadir me­nyapa masyarakat Sum­bar, tentu juga hadir dengan berita-berita yang bernas dan mencerahkan semua.

Syukron menyebutkan, hadirnya POSMETRO baik berupa koran, media online dan media sosial adalah sebagai bagian dari kon­tribusi dalam pemba­ngu­nan Sumbar ke depan. “Ka­mi selalu memberitakan hal-hal tentang pemba­ngunan, baik secara duku­ngan atau kritisi. Di sam­ping tetap memosisikan diri sebagai media yang fokus pada peristiwa dan hu­kum,” kata Syukron.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua, baik redaksi, pemasaran, iklan dan SDM, POSMETRO PA­DANG tetap hadir dan bisa menyapa pembaca setiap paginya. Kami hadir de­ngan berita-berita dan juga informasi yang sangat di­per­lukan oleh ma­sya­rakat banyak. Terima kasih atas kerja keras dan kerja keras semua tim dalam meng­hadirkan yang ter­baik se­lalu di koran ini,” kata Syuk­ron.

Komisaris Utama PT Posmetro Padang Pers H Marah Suryanto mengap­resiasi kinerja manajemen dan karyawan POSMET­RO saat pandemi Covid-19 ini. Di tengah ujian yang bertubi-tubi ini, koran ma­sih tetap terbit dan ber­kembang.

“Kami akan terus men­dukung koran ini sebagai bagian dari pencerdasan masyarakat Sumbar sejak 21 tahun lalu. Selamat ulang tahun POSMETRO PADANG,” kata Marah Sur­yanto. (*)

Exit mobile version