Petani Nyaris Tewas Diserang Beruang di Kabu­paten Solok, Punggung dan Tangan Terkoyak-koyak

DIRAWAT— Korban Zulja (56) mendapatkan perawatan intensif di RSUD Arosuka akibat diserang beruang saat bekerja di sawah miliknya.

SOLOK, METRO–Seorang pria paruh baya yang sedang bekerja di sawah miliknya di Jorong Talaok, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabu­paten Solok, mengalami luka parah hingga nyaris kehilangan nyawanya akibat diserang beruang.

Kejadian naas itu dia­lami korban yang diketahui bernama Zulja (56) pada Selasa (29/3) sekitar pukul 08.00 WIB. Beruntung, ada warga yang mendengar teriakan korban sehingga langsung datang ke sawah yang digarap korban untuk memberikan pertolongan.

Namun, saat ditemu­kan, kondisi korban sudah terkapar bersimbah darah. Dua orang warga yang me­nemukan korban, lang­sung mengevakuasi korban de­ngan menggotongnya ke Puskesmas Talang Ba­bu­ngo untuk mendapatkan pertolongan medis. Na­mun, karena kondisinya makin memburuk, korban pun dirujuk ke RSUD Aro­suka.

Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo melalui Ka­polsek Hiliran Gumanti AKP Martin mengung­kap­kan, korban diserang be­ruang saat sedang meng­ga­rap sawah miliknya yang berada di pinggiran hutan di daerah tersebut dan memang lokasinya sangat jauh dari permukiman.

“Lokasi sawah korban berada di area perbukitan,. Waktu itu, korban sedang mengarap sawah miliknya dan tiba-tiba saja datang seekor beruang dan lang­sung menyerang korban dengan cara menggigit dan mencakar di bagian pung­gung dan tangan,” kata AKP Martin, Rabu (30/3).

Menurut AKP Martin, saat diterkam beruang, korban hanya bisa beron­tak dan berteriak minta tolong tanpa melakukan perlawanan. Setelah kor­ban terluka parah akibat digigir dan dicakar, be­ruang tersebut pergi.

“Teriakan korban min­ta tolong didengar oleh dua warga bernama Ismail dan Muhammad Zenwar yang kebetulan sedang berada tidak jauh dari loka­si kor­ban,” jelas AKP Martin.

Ditambahkan AKP Mar­tin, Ismail dan Muhammad Zenwar berlari ke lokasi korban dan menemukan korban sudah dalam kea­daaan tidak berdaya dan mengalami luka parah di bagian punggung, tangan akibat digigit dan dicakar beruang.

“Melihat kondisi kor­ban, Ismail dan Muham­mad Zenwar dibantu war­ga lainnya membawa kor­ban ke Puskesmas Talang Babungo dan dirujuk ke RSUD Arosuka untuk men­dapatkan penanganan me­dis lebih lanjut,” ujar AKP Martin.

AKP Martin menutur­kan, usai mendapat lapo­ran adanya warga yang diserang hewan buas ter­se­but, pihaknya langsung ke lokasi kejadian dan menghalau beruang ter­sebut.

“Dengan adanya indi­sen ini, kami mengimbau kepada warga supaya tidak melakukan aktivitas di sa­na untuk sementara waktu. Antisipasi terjadinya pe­nyerangan kembali, warga untuk lebih berhati-hati dan waspada,” imbaunya. (vko)

Exit mobile version