Pabrik Keripik Sanjai Terbakar di Kota Payakumbuh, Petugas Damkar Kesulitan, Terpaksa Sambung Selang

PABRIK SANJAI TERBAKAR— Petugas Damkar berupaya memadamkan api yang membakar pabrik keripik sanjai.

PAYAKUMBUH, METRO–Musibah kabakaran terjadi di pabrik keripik sanjai milik Febri Oknali di Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Jumat (29/10) sekitar pukul 22.30 WIB.

Sontak saja, kebakaran itu membuat warga setempat panik. Apalagi, lokasi kebakaran itu merupakan kawasan padat permukiman. Beruntung, atas laporan cepat dari warga, Petugas Pemadam Keba­karan Kota Payakumbuh bisa cepat datang ke lokasi kejadian.

Namun, setiba di lokasi, petugas Damkar malah mengalami kesulitan untuk menuju titik api karena lokasi kebakaran berada dalam gang sempit. Akibatnya, petugas harus menarik selang sepanjang 150 meter dari jalan ke lokasi kebakaran.

“Kami menyambung tiga selang besar yang masing-masing panjangnya 30 meter ditambah  dua selang kecil, Alhamdulillah pemadaman di lokasi padat penduduk ini hanya memakan waktu sekitar 30 menit,” kata  Kasatpol PP dan Damkar Dony Prayuda melalui Kabid Damkar Budi Kurniawan kepada media, Minggu (31/10).

Menurut Budi, kemungkinan api berasal dari tungku masak yang ditinggalkan sehabis beroperasi, dapur sanjai yang terbakar ini memasok produknya ke Sanjai Erina. Beruntung api tidak merembet ke bangunan lain karena posisi bangunan sedikit berjarak.

“Di bagian belakang dapur saja yang habis dilalap api. Kita mengerahkan seluruh armada dibantu 1 unit Damkar Limapuluh Kota. Korban jiwa nihil dan kerugian materil masih dalam pendataan,” kata Budi didampingi Kasi Ops Eci, Kasi Sapras Doni Bahtiar, dan Danton Indra Jaya.

Budi menghimbau ma­sya­rakat agar waspada api, selalu mengecek apakah tidak ada sumber api saat meninggalkan rumah ataupun toko, karena resiko bencana bisa saja terjadi.

“Warga bisa meminta bantuan damkar untuk pe­nyelamatan jiwa, atau eva­kuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghu­bungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913,” ujarnya. (uus)

Exit mobile version