Mobil Pikap Pelat Merah Terjun ke Jurang

PADANG, METRO
Diduga hilang kendali saat melaju dengan kecepatan tinggi, satu unit mobil pikap berpelat merah terjun bebas ke dalam jurang di Jalan Raya Padang-Painan, persisnya di KM 14, Kecamatan Bungus Telukkabung, Senin (28/9) sekitar pukul 07.00 WIB.

Untungnya, sopir mobil yang diketahui bernama Dion (33) berhasil selamat dari kecelakaan tunggal tersebut. Hanya saja, untuk proses evakuasi, membutuhkan waktu hampir dua jam dengan cara ditarik menggunakan mobil derek. Bahkan, selama proses evakuasi, akses jalan dilakukan penutupan.

Dampaknya, kendaraan yang datang dari Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan atau sebaliknya, mengalami penumpukan di lokasi, hingga macet panjang. Setelah berhasil dikeluarkan dari dalam jurang, mobil pikap yang mengalami kerusakan pada bagian depan, dibawa ke Mapolsek Bungus. Polisi selanjutnya melakukan pengaturan di lokasi untuk mengurai kemacetan. Hampir setengah jam, arus lalu lintas kendaraan pun kembali normal.

Salah seorang pengendara, Yudi (33) warga Perumahan Abi Singgalang Batas Kota, Kabupaten Padangpariaman mengatakan, ia dari Painan menuju Kota Padang dengan mengunakan motor. Setiba di lokasi, akses jalan ternyata ditutup dan dijaga oleh Polisi karena proses evakuasi mobil yang masuk jurang.

“Macetnya sangat panjang, mungkin lebih dari satu kilometer. Ketika dilihat dari dekat ternyata ada mobil masuk jurang, yang sedang dievakuasi oleh mobil derek dan di lokasi ada beberapa Polisi yang menjaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Bungus Telukabung AKP Andi Jais menjelaskan, penyebab kecelakaan tunggal itu diduga mobil pikap mengalami out control (hilang kendali) sehingga mobil tersebut langsung masuk ke jurang.

“Untung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun karena laka tunggal pemilik mobil melakukan evakuasi sendiri yang membuat kemacetan panjang, sekitar pukul 15.00 Wib mobil datang dievakuasi jalan pun sudah kembali lancar,” ujarnya.

Dijelaskan AKP Andi Jais, kejadian itu berawal ketika mobil pikap yang dikendarai oleh Dion dari arah Pesisir Selatan mengarah ke Kota Padang. Sesampai di TKP, sopir membantingkan stir ke arah kanan, sehingga mobil yang berwarna biru tersebut langsung masuk ke dalam jurang.

“Saat mobil masuk jurang, sopir dengan cepat keluar dari mobil dan selanjutnya diselamatkan oleh warga sekitar. Sekitar 2 jam lamanya, mobil tersebut diangkat dengan mengunakan mobil derek, sehingga proses evakuasinya membuat arus lalu lintas terganggu,” ungkap AKP Andi Jais. (r)

Exit mobile version