Pencurian Kabel Traffic Light Marak, Lalu-Lintas di Simpang Sawahan Semrawut

PADANG, METRO
Aksi pencurian kabel lampu lalu lintas (traffic light) atau yang biasa diseut lampu merah terjadi di beberapa titik di Kota Padang. Setelah kabel lampu lalu lintas di simpang RM Lamun Ombak, Jalan Khatib Sulaiman, giliran kabel lampu lalu lintas di Simpang Sawahan yang dicuri.

Kapolsek Padang Timur, AKP Afrides Roema mengatakan, pihaknya telah menerima laporan oleh Dinas Perhubungan Kota Padang selaku korban terkait adanya aksi pencurian kabel lampu lalu lintas di persimpangan Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur.

“Diketahuinya adanya aksi pencurian kabel itu pada Senin (3/8). Kami masih melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian kabel traffic light itu. Laporan memang sudah kami terima dari Dinas Perhubungan Kota Padang,” ujarnya Afrides.

Namun, kata Afrides, pihaknya mengalami terkendala dalam melakukan penyelidikan. Seperti, minimnya saksi saat kejadian dan tidak adanya kamera pengawas (CCTV) di sekitar persimpangan.

“CCTV tidak ada, tidak ada petunjuk, saksi juga tidak ada. Jadi ini hambatan kami,  maunya dipancing caranya mengungkap pelaku,” kata dia.

AKP Afrides Roema menyebutkan, kabel traffic light yang dicuri pelaku persis yang tergantung di antara jembatan. Untuk yang di dalam tanah, tidak dicuri pelaku. Kejadian ini, memang untuk keduan kalinya di Kota Padang.

“Panjang kabel yang dicuri kurang tahu juga, tapi yang tergantung di jembatan. Dalam tanah tidak. Beberapa waktu lalu kan kejadian juga, di wilayah hukum Padang Utara, itu di persimpangan lamun ombak,” tuturnya.

Meskipun minimnya petunjuk dalam penyelidikan, pihak kepolisian tetap berupaya mengungkap pelaku. Diharapkan, dalam waktu dekat pelaku dapat segera ditangkap.

Sebelumnya, hilangnya kabel traffic light ini membuat terganggunya arus lalu lintas pengendara yang melintas dari Jalan Sawahan, Perintis Kemerdekaan hingga H Agus Salim.
Tidak menyalanya traffic light di persimpangan jalan itu telah terjadi beberapa hari belakangan.

“Untuk yang di persimpangan Jalan Sawahan, kabel yang dicuri sebanyak tujuh kabel. Masing-masing kabel yang hilang sepanjang 10 meter,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri.

Diakuinya, upaya pemasang CCTV di persimpangan tidak menjadi solusi untuk mengintai pelaku. Sebab, para pelaku cukup lihai dengan melakukan pemutusan kabel CCTV sebelum beraksi.

“Jadi CCTV ini teori aja. Seperti di persimpangan RM Lamun Ombak, pelaku memutus kabel CCTV dulu, baru mencuri kabel traffic light. Kami meminta semua pihak berperan untuk mengawasi pelaku aksi kejahatan ini,” harapanya.

Dian menyayangkan aksi pencurian tersebut, karena membuat arus lalu lintas menjadi tidak beraturan alias kacau dan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Untuk itu, Dian mengimbau kepada para pengendara agar berhati-hati melewati kawasan tersebut.

“Kami akan berusaha menghidupkannya kembali agar arus lalu lintas bisa kembali teratur,” ulasnya. (r)

Exit mobile version