SOLOK, METRO–Wakil Wali Kota Solok Rahmadhani Kirana Putra meminta setiap Puskesmas di Kota Bareh untuk meningkatkan standar pelayanan terhadap masyarakat. Kemudian, sekaligus dinas terkait harus melakukan kontrol dan melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja Puskesmas.
Sebab menurutnya, Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan terdepan dan ujung tombak penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar di tingkat masyarakat. Apalagi pelayanan kesehatan dasar yang ada di Puskesmas merupakan salah satu pelayanan kesehatan utama berhubungan dengan masyarakat sebelum dirujuk ke Rumah Sakit.
“Jadi pelayanan kepada masyarakat harus diiringi dengan upaya peningkatan mutu dan kinerja. Dinas kesehatan dalam hal ini sebagai perpanjangan tangan kepala daerah dalam pencapaian standar pelayanan bidang kesehatan, diharapkan dapat melaksanakan fungsinya dalam hal monitoring, evaluasi dan pengawasan pelaksanaan standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” ujar Rahmadhani.
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan, Promosi Sumber Daya Kesehatan (PPSDK), Dinas Kesehatan Kota Solok, Hiddayaturrahmi mangatakan, bahwa dalam pelayanan pihaknya rutin gelar pertemuan dengan Puskesmas.
Salah satu yang dibahas, yakni tentang re-akreditasi dan dalam rangka peningkatan pelayanan sarana kesehatan dasar, khususnya Puskesmas kepada masyarakat.
Peningkatan mutu dan kinerja dilakukan dengan pembakuan dari pengembangan system manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik pelayanan klinis, program dan manajerial.
“Kita juga memperhatikan aspek lain, sebab pelayanan kesehatan antar daerah tidak sama, prioritas masalah kesehatan dapat berbeda antar daerah,” ujar Hiddayaturrahmi.
Oleh karena itu, pihaknya juga melakukan analisis peluang pengembangan upaya dan kegiatan Puskesmas, serta perbaikan mutu dan kinerja. Puskesmas harus menyampaikan informasi tentang jenis-jenis pelayanan dan kegiatan yang dilengkapi dengan jadwal pelaksanaannya. “Kami juga sarankan bahwa pelayanan puskesmas termasuk jaringannya perlu diketahui oleh masyarakat sebagai pengguna layanan,” jelas Hiddayaturrahmi. (vko)