LUBEG, METRO–Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, menyebutkan dalam ‘menjual’ atau proses memarketing Kota Padang perlu mengoptimalkan penggunaan sosial media. Memasarkan sebuah daerah menurutnya, harus dilakukan dengan berbagai cara agar inovasi dalam promosi nantinya dapat muncul.
“Menurut kacamata saja, marketing daerah itu juga tergantung produk. Kita tidak boleh gampang menyerah, nanti bisa muncul berbagai macam cara dan inovasi,” tuturnya saat menjadi pembicara acara kuliah umum Rakernas IMA 2023 di Gedung UPI Convention Center, Jumat (19/5).
Ekos Albar berpendapat bahwa, sektor penting Kota Padang yang harus dipasarkan adalah pariwisata dan produk UMKM. Potensi ini menurutnya dapat lebih maksimal lagi jika ditunjang dengan infrastruktur yang mendukung.
“Sebagai Pemerintah Kota Padang, kita fokus untuk memperbaiki dan mempermudah infrastruktur penunjang kepariwisataan guna mengundang wisatawan baik lokal atau luar. Komoditi-komoditi yang ada di Kota Padang juga butuh perpanjangan tangan, dengan mengoptimalkan hilirisasi produk,” sebutnya.
Sementara itu, ia sangat mengharapkan dukungan Indonesia Marketing Association (IMA) sebagai master marketing di Indonesia kepada kepala daerah dalam menjual daerahnya dengan promosi, sehingga aktivitas ekonomi terus bergerak di daerah.