TMMD ke-119 di Sijunjung Resmi Ditutup, Sinergi Wujudkan Percepatan Pembangunan Daerah

Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly disaksikan Kabid Kerja Sama Pembangunan Kawasan Perdesaan, Dinas PMD Sumbar, Vera Irawati dan Pj Sekdakab Sijunjung, Endi Nazir meresmikan jembatan hasil TMMD.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke–119 Tahun 2024 di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung, resmi ditutup, Rabu, (20/3).

Penutupan dilaksanakan oleh Kasrem 032/Wira­bra­ja Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, S.I.P.,M.I.P yang­ ditandai dengan pemu­ku­lan gong dan dilanjutkan dengan pe­le­pasan tan­da peserta TMMD secara simbolis. Pada penutupan ter­sebut juga di­laksanakan penandatanganan naskah hasil TMMD ke-119 oleh Dandim 0310/SSD Letkol Inf Reno Handoko, S.E.

Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, saat membacakan sambutan resmi Pang­dam I/Bukit Barisan mengatakan, TMMD ke-119 yang mengusung te­ma “ Darma Bakti TMMD Me­wujudkan Percepatan Pem­bangunan Wila­yah”, sangat dibutuhkan dalam membangun wilayah pe­de­saan.

Dalam program TMMD tahun ini, selama satu bulan prajurit TNI bersinergi dengan Pemkab Sijunjung dan elemen masyarakat membangun desa. “Keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana maupun infrastruktur wilayah, masih sangat relevan dan sangat diperlukan,” terangnya.

Sinergitas yang terbangun melalui TMMD ini menurutnya, merupakan wujud kebersamaan mengatasi permasalahan bang­sa. Termasuk membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan.

Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly menambahkan, selama sebulan, TMMD dilaksanakan di Sijunjung, telah menyelesaikan pembangunan jalan di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Ke­camatan Su­m­pur Kudus menuju Nagari Pa­dang Laweh Ke­camatan Ko­to VII. Ja­lan ini dibangun oleh prajurit TNI dengan cara ber­gotong ro­yong ber­sa­ma ma­sya­rakat.

“Tujuan dibangun ja­lan ini untuk memudahkan masyarakat beraktivitas dalam memutar roda pe­re­konomian. Selain itu juga mempersingkat waktu jarak tempuh menggunakan akses jalan ini,” terangnya.

Program Fisik TMMD ke–119 lainnya, prajurit TNI juga membangun jem­­batan, gorong-gorong, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dan membangun fasilitas untuk masyarakat lainnya.

Tidak hanya pembangunan fisik, TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat. Di antaranya penyuluhan keagamaan, bela negara, pendidikan, hingga penyuluhan kesehatan.

Pj Sekda Kabupaten Sijunjung, Endi Nazir mengucapkan terima kasih kepada TNI dan seluruh pihak yang terlibat dalam TMMD tahun ini. “Terima kasih kepada TNI yang telah bahu membahu bersama masyarakat membangun infrastruktur di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan dan Nagari Padang Laweh ini,” imbuhnya.

Usai upacara penutupan, Kasrem 032/Wirabraja didampingi Dansatgas TMMD beserta Forkopimda meninjau lokasi rehab RTLH dan lokasi pembukaan jalan dan pembangunan jembatan serta penanaman pohon.

Kabid Kerja Sama Pembangunan Kawasan Perdesaaan, Dinas Pemberda­yaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar, Vera Irawati yang mewakili Gubernur Sumbar berharap, dengan selesainya pro­gram TMMD ini diha­rap­­kan infrastruktur yang te­lah dibangun agar bisa dirawat dengan baik oleh masyarakat agar bermanfaat dalam waktu panjang.

Penutupan TMMD ju­ga dihadiri Forkopimda Ka­bupaten Sijunjung, Dhar­masraya, Kota Sa­wah­lunto, Kasirem Kasrem 032/Wirabraja, Kepala OPD Pemkab Sijunjung, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Dirut BUMN dan BUMD, Wali Nagari se-Kecamatan Sumpur Kudus, Ninik Mamak dan Alim Ulama serta Toko Masyarakat Kecamatan Sumpur Kudus. (**)

Exit mobile version