Taburan Prestasi 3 Tahun Kepemimpinan Safaruddin-Rizki

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan RTH Mahkota Berlian.

Pada 26 Februari 2024, tepat 3 tahun ke­pemimpinan Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota. Berbagai keberhasilan dan prestasi berhasil dicatatkan oleh kedua pemimpin tersebut.

Setidaknya, niat tulus ke dua pemimpin ini memimpin Limapuluh Kota selama tiga tahun belakang ditengah keterbatasan pandemi Covid-19, dengan mengusung visi me­wujudkan Limapuluh Kota Madani, Beradat dan Berbudaya, pa­sangan ini berhasil meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Dari data yang berhasil dirangkum, IPM Li­mapuluh Kota meningkat dari 70.82 pada tahun 2020 menjadi 72.05 pada tahun 2023. Hal ini membuktikan bahwa pasangan SAFARI mampu meningkatkan ke­sejateraan rakyatnya.

Jika, IPM Limapuluh Kota terus merangkak naik ini akan berpengaruh signifikan dan positif terha­dap pertumbuhan eko­nomi masyarakat Limapuluh Kota di jangka pendek.

Hebatnya lagi, selain mampu meningkatkan IPM, pasangan Bupati Safarudin-Rizki juga berhasil menurunkan angka kemiskinan di kabupaten itu, hal ini juga membuat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Limapuluh Kota me­rangkak naik, dimana pa­da tahun 2020 lalu minus 1.1 naik menjadi 6.6 pada tahun 2023.

Bupati Limapuluh Ko­ta, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat silahturahmi dengan awak media di 3 tahun kepemimpinannya mengatakan, beberapa capain agenda prioritas yang dilakukannya diantaranya adalah pengembangan masyarakat ma­dani seperti sektor sosial, pendidikan dasar, beasis­wa siswa kurang mampu, bantuan tempat iba­dah, serta jaminan kesehatan dalam upaya me­ning­katkan pelayanan ke­sehatan masyarakat.

“Di sektor sosial, telah diupayakan peningkatan pelayanan publik meliputi rehabilitasi sosial dan perlindungan jaminan sosial di Limapuluh Kota, dan membangun 89 unit rumah Tahfiz dari 69 Nagari,” sebutnya di Aula Kantor Bupati Bukik Limau, Sarilamak, Senin (2/2).

Kemudian pening­katan Pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak, seperti terbangunnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah IKK dengan nama Taman Mahkota Berlian di tahun 2023 dan telah di rekontruksi jalan di kawasan IKK sepanjang 51.5 KM, serta pembangunan jalan baru sepanjang 7 KM dan jalur penghubung dengan membangun 5 unit jembatan di kawasan IKK.

Tidak hanya itu, kata Bu­pati pihaknya juga mengupayakan membangun jalan 2 lajur dengan panjang Enam KM dengan le­bar 8 meter, hal ini telah dia­kukan survey dan pe­me­taan pada 2022 lalu, dan tahun ini sudah ada dokumen perencanaannya.

Selanjutnya peningkatan disektor wisata telah dilakukan peningkatan di pengembangan Geopark Harau serta pembangu­nan Sarana Prasana Pariwisata di Lembah Harau. serta peningkatan eko­nomi masyarakat dengan memberika pelatihan dan pemberian bantuan bagi IKM dan UMKM.

Sedangkan capain Agenda Perioritas di Bi­dang Pertanian dan perikanan menuju agribisnis telah dibuka luas lahan jagung sebanyak 3.839 ha dan potensi lahan perikanan yang sudah diamanfaatkan sebanyak 387,7 ha, serta meningkatkan po­pulasi sapi menjadi 100.000 ekor dan melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah.

“Dari beberapa capaian agenda perioritas tersebut, Pemkab Li­ma­puluh Kota telah berhasil memboyong 76 penghargaan tingkat Nasional,” sebutnya.

Dari 76 penghargaan yang berhasil dicapai pa­sangan ini, paling tersohor yakni berhasilnya Kabupa­ten Limapuluh Kota men­ciptakan sejarah, men­jadi juara MTQ Nasional ting­kat Provinsi Sumbar, serta penghargaan Best Leader Of The Year yang diaraih Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Safaruddin juga berhasil meraih penghargaan tertinggi Dwija Praja Nu­gaha, dimana penghargaan ini satu-satunya kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang dianugerahi penghargaan tertinggi dari korps guru nasional yang diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia.

“Penghargaan ini berkat dukungan semua pihak, mudah-mudahan men­jadi motivasi untuk terus bergerak membangun Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih maju,” pungkasnya.

Luncurkan Portal

Satu Data

Pada momentum 3 Ta­hun Kepemimpinan Bupati Safaruddin juga dimanfaatkan dengan melaunching portal Satu Da­ta Tingkat Kabupaten.

Portal satu da­ta ini me­rupakan program Diskominfo Lima Li­ma­puluh sebagai solusi yang efektif dan efisien dalam pencarian data yang dibutuhkan Masyarakat tanpa batas waktu dan tempat.

Sekaligus me­rupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas Pem­kab Limapuluh Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Dinas Kominfo Limapuluh Kota, Joni Amir menyebutkan, Portal Satu Data Kabupaten Lima Puluh Kota ini merupakan informasi yang leng­kap, aktual, valid dan akuntabel sehingga kebutuhan bagi instansi pemerintah dan kalangan dunia usaha, akademisi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya dapat dengan mu­dah dan praktis untuk mendapatkan dan memanfaatkan data.

Dikatakannya, informasi yang di­sediakan di Portal tersebut yakni berupa data sektoral yang berasal dari perangkat daerah di lingkup pemkab Limapuluh Kota.

“Melalui portal tersedia data yang akurat, mutakhir dan terpadu serta mudah diakses. Se­lain itu juga men­dorong keterbuka­an dan trans­pa­ransi data sehingga tercipta perencan­aan dan perumusan kebijakan yang berbasis pada da­ta,” katanya. (***)

Exit mobile version