Sidang Paripurna Istimewa Peringatan HJK ke-75, Tingkatkan Sinergitas Membangun Sijunjung

Launching layanan call center 122 dan MPPD

Peringatan puncak hari jadi kabupaten (HJK) Sijunjung ke-75 tahun 2023 ditandai dengan pelak­sa­naan sidang paripurna istimewa oleh DPRD dan Pemerintah Daerah  Kabupaten Sijunjung, pada Minggu (18/2) ber­tempat di Gedung DPRD, Kandang Baru, Sijunjung.

Rapat Paripurna Istimewa HJK Sijunjung ke-75 dibuka langsung oleh Ketua DPRD Sijun­jung Bam­bang Surya Irwan. Ketua DPRD Sijunjung mengatakan bahwa, rapat paripurna istimewa ini merupakan puncak dari seluruh rang­kaian HJK Sijun­jung termasuk upacara pada tugu monumen hari jadi di Koto Gadang, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan pada tanggal 17 Februari 2024 kemarin.

Di daerah itulah pertama kali diad­a­kan rapat pertama pendirian Kabupaten Si­junjung, dimana Bupati pertama dijabat oleh Sulaiman Tantua Bagindo Ratu dan terus berganti hingga kini dipimpin Benny Dwifa Yuswir.

“Peringatan hari jadi kabupaten Sijunjung ke 75 tahun 2024 ini adalah momentum evaluasi terhadap setiap peran dan pelaksanaan tugas organisasi selama kurun usia yang telah dilalui, dimana segala keku­rangan di masa lalu harus segera diperbaiki dan disempurnakan sebagai pemicu untuk lebih baik, sekaligus menghadirkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Sijun­jung yang semakin maju, Jaya, he­bat dan sejahtera,” tutur Bam­bang Surya Irwan.

Ketua DPRD Sijunjung member­i­­kan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, karena saat ini telah banyak kemajuan pem­bangunan yang dicapai dalam masa kepemimpinannya. “Di sam­ping adanya kemajuan dan peningkatan kinerja dalam pembangunan pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SIjunjung juga mem­p­e­roleh beberapa prestasi dan peng­hargaan baik tingkat Provinsi mau­pun Nasional,” terangnya.

Disampaikannya, momentum ini harus dijadikan semangat untuk bersinergi membangun daerah sesuai dengan visi dan misi kabu­paten Sijunjung. “DPRD akan terus mengawal dan mendorong pertum­buhan dan perkembangan Kabu­paten Sijunjung sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah,” se­butnya.

Rapat paripurna HJK Sijunjung ke-75 kali ini dihadiri Dirjen Bina Pemerin­tahan Desa Kemendagri Dr.La Ode Ahmad P.Balombo,  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Wakil Bupati H. Iradatillah S.Pt, unsur Forkopimda, pimpinan DPRD dan anggota, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten II Arry Yuswandi, Bu­pati dan Wali Kota se Sumbar dan Kabu­paten tetangga juga hadir dari Propinsi Riau dan Jambi serta seluruh unsur yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menu­tur­kan, di usia 75 tahun Kabu­paten Si­jun­jung kini, telah menapaki per­jalanan sejarah yang cukup pan­jang da­lam bi­dang peme­rin­ta­han, pem­bangu­nan dan pe­la­ya­nan ma­sya­ra­kat.

“Segala potensi yang dimiliki Kabu­paten Sijunjung baik Sumber Daya Ma­nusia mau­pun Sumber Daya Alam harus diman­faat­kan secara optimal dan di­­kelola secara bi­jak­sana dengan semangat me­­w­ujudkan ke­sejahteraan masyarakat. Se­suai dengan tema ke-75 tahun ini “Terus Ber­tum­buh Menuju Sijunjung Maju”,” jelas Bupati Ben­ny.

Untuk mencapai tujuan tersebut, DPRD Sijunjung dan Pemerintah Daerah adalah mesin pembangunan yang berkelanjutan kemajuan fisik maupun non-fisik di tengah-tengah masyarakat Kabu­pa­ten Sijunjung.

Dalam acara tersebut juga dilak­sanakan launching pelayanan Call Center 112 sebagai upaya pemerintah daerah dalam mem­berikan bantuan dan perto­longan cepat kepada warga masyarakat Sijun­jung serta peresmian Mall Pelayanan Publik Digital (MPPD) sebagai upaya pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung. (***)

Exit mobile version