Anies Kampanye Akbar di Padang, Survei Terbaru, AMIN 58,21 % PKS Menang

CALON Presiden Anies Baswedan menyapa ribuan pendukung dalam kampanye akbar yang dilaksanakan di lapangan parkir GOR Haji Agus Salim Padang, Kamis (25/1).

Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar menang meyakinkan di Sumatra Barat. Hasil survei SBLF Myriset Konsultan Indonesia yang dirilis Kamis (25/1) menunjukkan, elektabilitas Anis-Muhaimin menjadi yang tertinggi dengan 58,21 persen. Disusul, Prabowo-Gibran de­ngan 34,24 persen, Ganjar-Mahfud Ganjar 4,43 persen, dan 2,97 persen tidak men­jawab.

Direktur SBLF Myriset Edo Andrefson menyebutkan, data terbaru ini merupakan hasil survei SBLF Myriset yang dilak­sanakan pada 2-8 Januari 2024. “Elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin mencapi 58,21 per­sen. Artinya, AMIN menang di Sumbar,” ujar Edo.

Survei ini mengambil sampling 4.800 responden. Mema­kai metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka. Margin of error +/- 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampling menurut Edo diambil di 19 kabupaten dan kota di seluruh Sumatera Barat.

Ada sejumlah faktor yang membuat tren elektabilitas. Menurut Edo, untuk Anies Baswedan adalah bakal calon presiden RI yang pertama di deklarasikan, membuat Anies lebih awal dikenalkan partai pengusung di setiap daerah se-Indonesia dan selepas Anies mengakhiri gubernur DKI Ja­karta punya waktu yang lebih banyak safari politik ke be­berapa provinsi di Indonesia. Anies sebagai mantan gu­bernur DKI Jakarta menjadi sorotan banyak mata akan kinerja pembangunan dan pen­dekatan yang humanis terhadap masyarakat Jakarta.

Kampanye di Padang

GOR Haji Agus Salim Pa­dang menjadi saksi antusiasme luar biasa masyarakat hadiri Kampanye Akbar pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Sumbar. Kedatangan Anies Baswedan disambut meriah oleh Ketua DPW PKS Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, yang didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan AMIN Da­e­rah Sumbar, Rah­mat Saleh, serta sejum­lah jajaran partai koalisi, relawan, dan pendu­kung AMIN lainnya.

Calon presiden no­mor urut 1 Anies Bas­wedan di hadapan ri­buan massa optimistis gagasan perubahan se­makin menguat dan di­butuhkan untuk Indonesia. “Masyarakat Mi­nang itu selalu berada di dalam barisan progresif. Ka­rena itulah, kami ma­kin merasa optimis gagasan perubahan yang kami dorong makin kuat, memang semakin dibutuhkan di Indonesia,” ujar Anies.

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu mengatakan, hukum di Indonesia sudah seharusnya tak diatur sesuai selera pe­nguasa, tetapi hukum lah yang harus mengatur penguasa. Ia yakin, gagasan tersebut bisa diterima dengan baik oleh ma­sya­rakat Minang, karena per­timbangan tokoh bangsa yang banyak lahir dari tanah terse­but. “Putra putri Minang adalah pendiri republik ini. Mereka memiliki integritas yang tinggi dalam menjaga aturan ‘main’. Sehingga re­publik ini bukan untuk keluar­ganya, tetapi selu­ruh masya­rakat Indonesia,” ujar Anies.

Anies bersyukur hari ini bisa sampai di Pa­dang, tempat yang ber­hasil memunculkan pri­badi-pribadi hebat sejak ma­sa awal republik. Anies juga memberikan san­jungan kepada para sim­patisan yang antu­sias saat kampanye ak­bar di halaman GOR Haji Agus Salim. “Ini luar biasa. Kalau melihat suasana, ini jam sete­ngah 12 siang. Panas-panasnya waktu di ruang ter­bu­ka itu ya di jam-jam ini. Tapi massa tidak bergerak, semua bertahan dengan penuh antu­siasme,” ujar Anies. Dengan semangat tersebut, Anies ya­kin masya­rakat Sumbar akan konsisten mendukung capres-cawapres nomor urut 1.

Ketua Tim Pemenangan AMIN Daerah Sumbar, Rah­mat Saleh, memberikan orasi memotivasi di depan ribuan massa yang hadir. Dengan penuh optimisme, Rahmat Saleh menyampaikan target ambisius untuk mendapatkan dukungan sebesar 80 persen dari masyarakat Sumbar. “Te­rima kasih kepada partai koalisi, para relawan, dan Pak Anies Baswedan. Insyaallah, kita akan menargetkan 80 persen untuk perolehan suara di wila­yah Sumbar,” ungkap Rahmat.

Dalam orasinya, Rahmat Saleh juga mengapresiasi mili­tansi luar biasa masyarakat yang datang dari berbagai wilayah untuk mengikuti kam­panye akbar. Bahkan, bebe­rapa di antaranya rela meng­gunakan uang pribadi untuk bisa bertemu langsung dengan Pak Anies Baswedan.

“Ada yang datang sejak tadi malam, menunggu kedatan­gan Pak Anies. Mereka bahkan rela menggunakan uang pri­badi demi kesempatan berhar­ga untuk bertemu dengan beliau,” jelas Rahmat Saleh.

Rahmat Saleh juga meng­ungkapkan optimisme keme­nangan PKS di Sumbar. Me­nurutnya, data survei terbaru mengungkapkan elektabilitas PKS di Sumbar sudah 19,75 persen. Artinya, yang tertinggi di Sumbar. “PKS menang, Anies Presiden,” ujar Sekum DPW PKS Sumbar ini.

Humas PKS Sumbar Mul­yadi Muslim menambahkan, kampanye akbar PKS Dapil Sumbar II akan dilaksanakan di Kota Bukittinggi, 4 Februari 2024 pagi di Lapangan Parkir ex Stasiun Kereta Api Bukittinggi. “Insya Allah akan dihadiri atau diikuti oleh semua kader, sim­pa­tisan, relawan dan masya­rakat. Menghadirkan jurkam na­sional PKS dan akan dime­riah­kan oleh grup seni Darak Ba­darak,” kata Caleg DPRD Pa­dang Dapil 1 (Kototangah) ini. (***)

Exit mobile version