Pemko Padang Tuntaskan Pembangunan 504 RKB, Siswa SD dan SMP Kini Belajar Lebih Nyaman

PENGGUNTINGAN pita oleh Wako Hendri Septa sebagai tanda di resmikannya operasional 16 RKB di SMP Negeri 30 Padang.

Siswa-siswi SMP dan SD di Kota Padang yang kini belajar di Ruang Kelas Baru (RKB) yang dibangun di masa Pemerintahan Wali Kota Padang Hendri Septa merasa senang dan nyaman saat belajar. Para siswa menyebut, konsentrasi belajar juga meningkat, sehingga mudah menerima pelajaran dari guru.

Hal itu diakui oleh salah seorang siswi SMP Negeri 30 Padang, Bunga Cinta Sebastian (14) yang kini sedang duduk di bangku kelas VII. Dia menyebut, dirinya kini lebih berkonsentrasi dalam belajar, karena berada di dalam ruang kelas yang nyaman.

“Kita belajar lebih bersemangat dan lebih berkonsentrasi. Karena berada di ruang kelas yang nyaman, ditam­bah lagi sekolah kami memiliki bangunan dua lantai yang terkesan lebih mewah dan cantik,” katanya, Rabu, (10/1).

Selain itu, di ruang kelas yang baru dan nyaman tersebut, di dalamnya juga di lengkapi dengan fasilitas pendukung Proses Belajar-Menga­jar (PBM) meubeler yang lengkap, seperti kursi, meja belajar, papan tulis dan kipas angin.

Lebih lanjut, Bunga yang merupakan peringkat dua kelas tersebut mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Padang Hendri Septa yang telah membangun RKB di sekolah tempatnya menimba ilmu penge­tahuan.

“Terimakasih kepada Bapak Wali Kota Padang Hendri Septa yang telah menuntaskan pemba­ngunan Ruang Kelas Baru di sekolah kami. Kami senang dan akan selalu menjaga dan memeliharanya. Semoga apa yang bapak lakukan di balas Tuhan dengan balasan yang terbaik,” katanya.

Salah seorang Wali Murid, Resti berpen­dapat, dengan adanya RKB baru di sekolah tempat anaknya menimba ilmu, akan berdampak baik pada penyerapan pembe­lajaran yang diterima para murid dari guru.

“Karena mereka berada di dalam ruang kelas yang nyaman, saya rasa para siswa akan merasakan hal berbeda. Pertama tentunya lebih senang, karena berada di ruangan baru, yang kedua murid dalam menyerap pela­jaran yang diberikan oleh guru, karena konsentrasinya meningkatkan, tinggal tergantung metode guru menerangkan pelajaran,” ungkap Resti saat mengan­tarkan bekal untuk anaknya.

Guru yang menga­jar di salah satu kelas tersebut pun mem­benarkan adanya peningkatan gairah belajar peserta didik, dengan semua kenya­manan yang di tawar­kan di dalam kelas baru tersebut.

Sebetulnya, pem­bangunan RKB untuk SD dan SMP Negeri ini merupakan Program Unggulan (Progul) Wali Kota Padang, Hendri Septa yang sudah di mulai dari tahun 2019 lalu dan berhasil di selesai­kan 100 persen menje­lang akhir tahun 2023. Di mana perencanaan ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang tahun 2019-2024. Bahkan realisasi di lapangan melebihi target, dari awalnya direncanakan 500 RKB, berhasil terealisasi sebanyak 504 RKB.

Dengan selesainya pembangunan sarana dan prasarana (Sapras) di dunia pendidikan ini, Pemko Padang sudah mengucurkan dana sebesar Rp243, 772. 822. 461 yang bersumber dari APBN dan APBD Kota Padang. (***)

Exit mobile version