Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Dharmasraya Ke-20, Pariyanto: Di Tangan Sutan Riska Pembangunan Dharmasraya semakin Menggeliat

foto bersama--Anggota DPRD foto bersama dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub), Audy Joinaldy, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Pariyanto dan lainnya.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD )Kabupaten Dhar­masraya menggelar rapat pari­purna istimewa  dalam rangka mem­peringati hari ulang ta­hun­(HUT)  Kabupaten Dhar­masraya ke-20 di ruang utama gedung DPRD Kabupaten Dharmasraya.

Rapat paripurna istime­wa di­pim­pin Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto didam­pingi  Wakil Ketua I Ir. H. Adi Gu­nawan, M.M dan Wakil Ketua II Ade Sudarman,S.Pd. H. Hadir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas,M.Si.Wakil Gubernur Suma­tera Barat  Dr. Ir. Audy Joinaldy Dt. Rajo Pasisia Alam, S.Pt, M,Sc,  M.M, IPM, ASEAN.

Selain itu juga hadir seluruh pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, anggota forum koordinasi pimpinan daerah Provinsi Sumatera Barat, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bupati atau walikota se-Sumatera Barat dan bupati  daerah tetangga,  Forko­pimda, tokoh masyarakat dan lainnya.

Menurut Pariyanto, filosofi penting sebuah hari jadi adalah pemaknaan untuk mengenang masa lalu, namun yang terpenting adalah kemampuannya untuk mengaktualisasikan diri dari waktu ke waktu, dengan upa­ya membangun Kabupaten Dhar­masraya dengan satu tujuan untuk kemajuan dan ke­sejah­te­raan masya­ra­kat.

”Saat ini Kabupaten Dharmasraya dipimpin oleh Bupati Sutan Riska  Tuanku Kerajaan, SE. Di periode kepemimpinan kedua saudara Sutan Riska Tuanku Kera­jaan,­S.E ini Kabupaten Dhar­masraya sudah meng­geliat dan menjelma men­jadi sebuah Kabupaten yang dapat disejajarkan dengan kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat, serta telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan baik dalam pem­bangunan infrastruktur pere­konomian maupun pember­dayaan masyarakat. Sebagai masyarakat kita telah melihat dan merasakan kemajuan yang telah dicapai baik yang berjalan dalam waktu singkat maupun secara bertahap baik pembangunan fisik maupun non fisik,” ungkap Pariyanto.

Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD dan ma­sya­rakat Kabupaten Dhar­mas­raya, lanjutnya, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah, atas prestasi-prestasi yang dicapai oleh pemerintah daerah selama Tahun 2023. Baik penghargaan dari pemerintah pusat maupun peme­rintah provinsi.

Seperti diketahui, beberapa prestasi dan kinerja pemerintah daerah diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kedelapan kalinya untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan  prestasi lainnya yang telah disampaikan Bupati. “Semoga prestasi yang dicapai dapat terus dipertahankan di masa yang akan datang dan berdampak kepada peningkatan pelayanan serta kesejahteraan masyarakat,” ucap­nya.

Di usia Kabupaten Dharmas­raya yang ke-20 tahun ini, lanjut­nya, berbagai capaian telah diraih, baik di bidang pembangunan infrastruktur, pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat. Wa­lau­pun selama beberapa tahun ke belakang  dihadapkan dengan Pandemi Covid 19. Dengan keter­batasan anggaran pembangunan namun koordinasi bupati dengan pemerintah pusat yang kuat, program pembangunan strategis daerah tetap bisa dilaksanakan. Untuk itu, diharapkan program pembangunan yang telah dicapai saat ini dapat terus dilanjutkan oleh pemimpin selanjutnya.

”Atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD  mem­berikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada  Bupati Sutan Riska  Tuanku Kerajaan,  karena menjadi yang pertama di Indonesia, yang melaksanakan pem­bangunan Penerangan Jalan Umum dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yang dilaunching pada bulan Oktober lalu.

KPBU ini merupakan alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur untuk percepatan pelaksanaan pembangunan di tengah keterbatasan anggaran dengan bekerjasama dengan badan usaha.

Sementara itu, dalam melak­sana­kan tugas dan fungsi DPRD dalam pembentukan Pera­turan Daerah (Perda), selama periode DPRD 2019-2024 telah ditetapkan enam Perda yang merupakan inisiatif DPRD dan dua Ranperda sedang dilakukan fasilitasi ke Gubernur Sumatera Barat. Untuk tahun 2024 ini, ada dua  usulan Ranperda inisiatif DPRD, yakni Ranperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pe­tani dan Ranperda tentang Penanggu­langan Kemis­kinan yang dalam penyu­sunan naskah akademik, bekerjasama dengan Tim Penyusun dari Kanwil Ke­men­terian Hukum dan HAM Provinsi Su­ma­tera Barat.

Di bidang kesehatan, khususnya jaminan kese­hatan, pemerintah daerah dan DPRD berkomitmen mengalokasikan anggaran untuk memberikan perlin­dungan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Sampai akhir tahun 2023 sudah 98,32 persen ma­syarakat terlindungi jaminan kesehatan. Untuk tahun 2024 ini kami berharap 100 persen masyarakat telah mendapat jaminan kese­hatan oleh Pemerintah Da­erah.

Sinergi dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Daerah dan DPRD yang selama ini telah terjalin erat dalam mem­bangun Kabupaten Dharmasraya perlu dipertahankan di masa yang akan datang.

Selanjutnya, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah yang telah melaksanakan berbagai gelaran kegiatan dalam rangkaian acara Peringatan HUT Ke-20  Kabu­paten Dharmasraya yang keme­ria­hannya dapat dirasakan oleh se­luruh masyarakat.(**)

Exit mobile version