Berawal dari Inisiasi Ketua DPRD Sumbar, Digitalisasi dan Memahami Karakter Siswa

Ketua DPRD Sumbar Supardi, sang inisiator

Ketua DPRD Sumbar Su­pardi yang menjadi inisiator dari Bimtek tersebut me­nye­butkan, hal tersebut berawal dari penelitian ringan yang di­jalaninya bah­wa perlu ada sentuhan khu­sus ke­pada gu­ru, terutama terkait dengan digi­talisasi dan me­ma­hami  ka­rakter  pe­serta didik.

Secara umum, ka­ta­nya, seba­ha­gian be­sar guru jauh ter­ting­gal dibidang tek­no­logi dari pe­ser­ta didiknya, se­mentara kondisi ke­kinian, per­soalan tek­nologi men­jadi sebuah ke­ha­rusan mutlak. Se­makin tertinggal jauh jika diabaikan. Di sisi lain, pem­belajaran jika tidak diikuti dengan teknologi, akan mem­buat siswa jenuh dan merasakan tak menarik untuk mengikuti materi.

Menyikapi hal tersebut, Supardi mengalokasikan dana Pokir untuk bim­bingan tek­nis kepada guru SMA dan SMK sekota Payakumbuh, tapi tak hanya soal digi­tali­sasi, tetapi ju­ga ditambah de­ngan psi­ko­logi. Tar­get­nya agar guru juga me­ma­hami karakter siswa secara utuh.

“Jika se­mua guru da­pat mema­ha­mi karakter siswanya, maka diyakini tidak akan ada lagi masalah di sekolah. Tak ada masalah antara guru dengan siswa, siswa dengan guru mau pun antar sesama siswa dan sesama guru,” katanya. (***)

Exit mobile version