Optimis Mempersiapkan Generasi Terbaik, Supardi: Bimtek Pendidikan Menjawab Masalah Masa Depan!

KETUA DPRD Sumbar Supardi (tengah) bersama dua narasumber saat berbagi dengan Angkatan III.

Bimtek Digitalisasi Pen­didikan bagi Guru SMA sekota Payakumbuh, angkatan III dan IV, tahap IV,  berakhir. Ditutup Kadis Pendidikan Sumbar di­wakili Kabid PSMA Mahyan S.Pd, M.Pd, Senin (31/7).

Saat menutup rangakaian kegiatan tersebut, Mahyan mengajak agar semua guru yang sudah memiliki tambahan bekal dari instruktur dan fasili­tator pendidikan terbaik, hen­daknya langsung mengaplik­a­sikan ilmu yang didapatkan kepada semua peserta didik.

“Mereka sudah menunggu kedatangan bapak ibu semua. Saya pun yakin, bapak ibu sudah tidak sabar untuk lang­sung menerapkan di sekolah,” kata Mahyan disambut antu­sias para guru.

Berakhirnya kegiatan terse­but, sekaligus menandai usai­nya  seluruh rangkaian kegia­tan Bimtek dari Pokir Ketua DPRD Sumbar Supardi untuk guru SMA. Berikutnya akan diberikan untuk guru SMK. Bimtek tersebut diikuti 200 orang. Dibagi menjadi empat angkatan. Setiap angkatan menjalani empat tahap bim­bingan teknis.

Poin penting lainnya yang diberikan dalam Bimtek ter­sebut, guru dengan kesadaran sendiri mau me­lakukan instros­peksi terhadap diri sendiri, ter­kait dengan keku­rangan yang di­miliki lalu me­mi­liki tekad dan op­timistis untuk te­rus mengasah dan memperbai­ki diri sehingga melahirkan ge­nerasi terbaik.

“Optimislah melangkah un­tuk mempersiapkan generasi ter­ba­ik,” pinta Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Menurutnya, ketika hal ter­sebut sudah dilakukan, maka dengan sendirinya akan mem­berikan pula kesadaran agar setiap guru dan setiap sekolah memahami pentingnya arti sebuah  kolaborasi.  Kolaborasi di sekolah,  kolaborasi sesama guru, kolaborasi antar sekolah. Kolaborasi tersebut akan ber­muara baiknya suasana antar guru,  lingkungan sekolah dan antar sekolah.

Ajakan kolaborasi tersebut disampaikannya, sebab Su­pardi melihat dan merasakan masih tingginya tingkat per­saingan antar guru.

“Jika persaiangan antar guru tersebut dibiarkan, atau Kepala Sekolah tak mampu me­ngakomodir atau me­nyele­sai­kannya, dikhawatirkan su­a­sa­na sekolah tidak akan kon­du­sif,” kata Su­pardi sembari me­­nye­butkan, ke­kua­tan se­sung­guh­nya ada­lah pada tim yang kuat.

Agus Hila­lud­din, instruktur pa­da Bimtek ter­sebut berharap, bekal yang su­dah diberikan hen­daknya da­pat diaplikasikan secara nyata. Ji­ka guru optimis dan optimal me­laksanakan, di­ha­rapkan akan lahir anak-anak cerdas dan berkarakter dike­mu­dian hari, sehingga menjadi pem­beda antara pelajar dari Pa­yakumbuh dengan daerah lain.

Di sisi lain, saat membuka Kepala Dinas Pendidikan Prov Sumbar  Drs. Barlius, MM ketika membuka Bimtek untuk ang­katan I dan II ditahap IV me­nyebutkan,  program yang ber­asal dari Pokir Supardi tersebut langsung menyentuh sasaran. Titik yang disasar sangat mem­butuhkan pening­katan kapasitas SDM yang berhubungan lang­sung dengan tuntutan mereka hari ini dan masa datang.

Barlius juga mengatakan, komitmen Ketua DPRD Sumbar Supardi mewujudkan Kota Pa­ya­kumbuh menjadi Kota Digital, khususnya dibidang Pendi­dikan, sangatlah besar. (***)

Materi Bimtek
– Praktek Tools Digital Pembelajaran per-Bidang Studi
– Psikologi Pelajar Era Digital
– Pengantar Pembuatan E-Modul Pembelajaran Interaktif
– Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
– Pengelolaan Pembelajaran Sosial
– Menjadi Guru Kreatif
– Inovatif dan Inspiratif
– Pengayaan Metode Pembelajaran Berbasis Student Center Learning and Gaming
– Pengantar Asesmen Pembelajaran Sosial
– Pengantar Asesmen Pembelajaran Sosial Sesi Presentasi
– Kesimpulan dan Review Materi Keseluruhan.

Exit mobile version