Hoyak Tabuik 2023 Dibanjiri Ribuan Pengunjung, Pasca Covid 19 Tingkat Kunjungan Wisatawan Meningkat

FOTO bersama Wagub Sumbar Audy Joinaldi, Walikota Pariaman Genius Umar dan tamu undangan lainnya.

FESTIVAL hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023, kemarin, dibanjiri pengunjungi. Kenapa tidak, pasca covid 19 tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman meningkat. Apalagi sekarang dalam pelaksanaan hoyak tabuik tahun ini semakin meningkat kunjungan wisatawan.

“Ini merupakan pesta budaya terbesar di Pulau Sumatera itu berhasil mendatangkan kurang lebih 200 ribu wisatawan selama prosesi hingga Tabuik dibuang ke laut,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar saat hoyak tabuik 2023, kemarin.

Genius Umar mengatakan pesona Hoyak Tabuik tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan sektor pa­riwisata serta persatuan warga untuk membangun Kota Pariaman.

“Rangkaian pelaksanaan sudah berlangsung sejak dua minggu lalu dan menghadirkan wisatawan dan pada akhir­­nya ber­kon­tribusi pada perekonomian ma­syarakat Kota Paria­man,­­” katanya.

Disamping itu ia juga mengucapkan terima­ka­sih kepada para perantau yang pulang kampung untuk menyaksikan Tabuik. Semoga dengan kepulangan perantau akan menjadi perubahan untuk pemerintah Kota Pariaman.

Dikatakannya, Tabuik adalah budaya untuk me­micu pariwisata akan lebih berkembang kedepannya. Pasalnya, dengan adanya event ini maka setiap tahun wisatawan yang datang ke Kota Pariaman akan lebih meningkat.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah berhasil mengadakan event yang mengundang ratusan ribu pengunjung yang berdampak pada peningkatan eko­nomi masyarakat Kota Pariaman.

“Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 me­rupakan event yang paling dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dimana pada event ini, masyarakat dari seluruh nusantara sengaja hadir ke Kota Pariaman hanya untuk menyaksikan dan me­ngab­­di­kan moment yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Ia mengajak ma­sya­rakat untuk terus menjaga potensi kekayaan alam pesisir di Pariaman. Sebab Pariaman merupakan sa­lah satu kota yang yang memiliki keindahan alam pantai yang baik. Tak hanya itu, ia turut memberikan apre­siasi kepada Pemerintah Kota Pariaman ka­rena terus berupaya untuk meningkatkan eko­no­mi masyarakat melalui sektor pariwisata.

“Semoga Kota Pariaman akan lebih banyak dikunjungi wisatawan baik untuk hari ini ataupun seterusnya. Untuk Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman yang menjadi pesta budaya terbesar di pesisir Pulau Sumatera, harus kita lestarikan. Oleh karena itu mari kita jadikan moment ini sebagai kebangkitan pariwisata Kota Pariaman khususnya Su­matera Barat umumnya,” tambahnya mengakhiri. (***)

Exit mobile version