Reses Masa Sidang II, Pimpinan dan Anggota DPRD Turun Dapil, Tunaikan Kewajiban, Jemput Aspirasi Masyarakat

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani bersama emak-emak saat melaksanakan Reses II Masa Sidang 2022 di Gang Bambu Rw. 08 Rt. 01 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan.

Reses menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh anggota DPRD sebagaimana telah tercantum dalam Undang-Undang MD3. Reses dilaksanakan sebagai u­paya menampung setiap aspirasi dari masyarakat yang dilaksanakan secara berkala di daerah pemilihan dari masing- masing anggota DPRD.

Setiap aspirasi yang ditampung dalam masa reses dilaksanakan guna meningkatkan kualitas dari kinerja anggota DPRD dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial, serta mewujudkan peran dari DPRD me­ngem­bangan check and balances antara DPRD tentunya dengan peme­rintah daerah.

Reses yang dilaksanakan oleh setiap anggota DPRD bertujuan menye­rap serta mampu me­nin­daklanjuti berbagai aspirasi yang disampaikan konstituen.

Selain itu, proses reses dilaksanakan untuk mendengar pengaduan dari masyarakat sebagai wujud dari pertanggungja­waban baik moral maupun politis terhadap konstituen pada daerah pemilihannya. Hal tersebut men­jadi wujud dari perwakilan rakyat terutama dalam pemerintahan.

Memanfaatkan Reses II Masa Sidang 2022, seluruh anggota DPRD Kota Padang turun ke daerah pemilihan (Dapil)  menjemput aspirasi masya­rakat, termasuk dengan Pimpinan DPRD Kota Pa­dang.

Seperti yang dilakukan Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani. Memanfaatkan Reses Masa Sidang II Tahun 2022, Sabtu, 14 Mei 2022  kemarin, ketua DPRD melakukan pertemuan dengan masyarakat Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Pertemuan dilaksankan di Mushalla Jabal Qubis Talawi.

 Disampaikan Syafrial Kani, Mushalla merupakan wadah kekuatan umat untuk membina hubungan vertikal dan horizontal. Hubungan vertikal terjalin erat dengan silaturahmi dan saling curah penda­pat dan aspirasi.

Turut Hadir Camat Bu­ngus Teluk Kabung Harnoldi, SH., MM. Sekretaris Lurah Bungus Selatan Ok­ki, Pemuka Masyarakat Arpendi Dt. Tan Bagindo. Mushalla Jabal Qubis Talawi, Bungus

Sabtu, 14 Mei 2022

15 Mei 2022, Ketua DPRD melakukan reses di Gang Bambu Rw. 08 Rt. 01 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan.  Dalam kesempatan ini, kegiatan reses tidak ha­nya dilaksankan semata seremonial saja akan tetapi benar benar menggali apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Saya lebih fokus menjemput persoalan dan isu yang berkembang sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat. Turut Hadir, Anggota DPRD Kota Pa­dang Boby Rustam, Lurah Mata Air Suhardi, S. Sos, Ketua RW 08 Ristiyeni dan Masyarakat Gang Bambu,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Wakil Ke­tua DPRD Padang Amril Amin. Dia melaksanakan Reses II Tahun 2022, Minggu (15/5) di Aula SMA Negeri 6 Padang.  Dihadiri perwakilan Bappeda Kota Padang, Camat Padang Selatan, Ketua DPD BA­PERA Kota Padang, Zakirudin, Lurah, LPM, RW/RT se-Kecamatan Padang Selatan, Bundo Kandung, Majelis Taklim, tokoh ma­syarakat, Kepala SMAN 6 Padang, Forum Anak Nagari Mata Air, Ketua Forum Anak Nagari Rawang Sakato, Zukri Amrah dan sekitar 700 warga.

Amril Amin mengatakan, kegiatan reses ini menjemput aspirasi warga untuk direalisasikan tahun 2024. “Mudah- mu­dahan ini bisa terealisasi di Kecamatan Padang Selatan,” harapnya.

Menurutnya, usulan yang banyak dari warga terhadap pembangunan prasarana dan juga di lokasi destinasi wisata sangat diperlukan sekali. Karena sangat urgen dan familiar kondisi di Kecamatan Padang Selatan ini perlu ditingkatkan sarana dan prasarananya.

“Untuk bidang pendi­dikan, kita telah mempu­nyai SD, SMP, SMA yang bisa menampung anak-anak di Padang Selatan sekolah,” ungkapnya.

“Selain itu untuk kendali banjir di Kelurahan Rawang memang riskan. Ini perlu penanganan serius dari Pemko Padang. Karena itu sudah kronis sekali. Dari tahun ke tahun masalahannya itu ke itu terus,” keluhnya.

Amril Amin berharap kepada Pemko Padang melalui Bapedda Kota Pa­dang untuk bisa merancang dan dapat mencari jalan solusi. Sehingga warga Kelurahan Rawang bisa terhindari dari banjir. “Ka­mi akan mengusulkan ke Pemko Padang maupun ke Provinsi Sumbar maupun ke tingkat pusat,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana memanfaatkan masa reses si­dang ke II tahun 2022 di Kelurahan Gantiang Pa­rak Gadang Kecamatan Pa­dang Timur, Kota Padang, Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan dan Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur. Ilham Maulana juga menggelar reses di Pantai Padang untuk menjemput aspirasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di daerah itu.

“Suatu kewajiban ba­gi saya sebagai wakil rakyat untuk mengunju­ngi daerah pemilihannya. Ini juga sesuai juga de­ngan perintah undang-undang,” ung­kap Ilham Maulana.

Selama masa reses, dia mengaku cukup ba­nyak aspirasi yang disampaikan masyarakat, mulai dari persoalan infrastruktur, pendidikan, ekonomi hingga bentuk bantuan sosial. (*)

Exit mobile version