DPRD Padangpariaman Terima LKPj Bupati 2021, LKPj Kepala Daerah Wajib Disampaikan kepada Rakyat

Wabup Padangpariaman Rahmang menyerahkan LKPj kepada ketua DPRD disaksikan wakil ketua dan anggota DPRD.

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang­pa­ria­man, melaksanakan si­dang paripurna penyam­paian Laporan Kete­ra­ngan Per­tang­gung­jawaban (LKPj) ke­pala daerah tahun 2021. Sidang pa­ripurna ter­sebut lang­sug dipim­pin Ketua DPRD Pa­dangpa­ria­man H Ar­winsyah di­dampingi dua orang wa­kilnya, Af­­rinaldi dan Ris­di­anto serta anggotanya. “Kita me­ngucapkan terima kasih telah ber­jalan sidang paripurna penyampaian LKPJ Bupati Padang­paria­man tahun 2021. Semoga LKPJ ini bermanfaan untuk kemajuan Kabupaten Pa­dangpariaman yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Ketua DPRD Pa­dang­pariaman Ir H Arwinsyah MT saat sidang tersebut.

Sementara Wakil Bu­pati Padangpariaman  Rah­­mang didampingi Sekre­taris Daerah Rudy Repe­naldi Rilis  menyama­pia­kan, nota Penjelasan La­poran Keterangan Per­tanggungjawaban (LKPj) kepala daerah tahun 2021 dalam sidang paripurna DPRD Padangpariaman tersebut.

LKPj disampaikan Wa­kil Bupati padang­paria­man Rahmang dalam ra­pat paripurna DPRD Pa­dangpariaman yang di­pimpin Ketua DPRD Ir H Arwinsyah, MT didampingi Wakil Ketua Aprinaldi MPd dan Risdianto ST  di Ruang Sidang Utama DPRD Pa­dangpariaman.

Hadir dalam rapat pari­purna, anggota DPRD Pa­dangpariaman, Sekretaris DPRD Armeyn Rangkuti dan kepala perangkat da­e­rah di lingkungan Pe­merintah Kabupaten Pa­dangpariaman.

Wakil Bupati Pa­dangpariaman Rahmang me­nyampaikan, bahwa pe­nyam­paian LKPJ me­ru­pakan ama­nat Pera­tu­ran Pemerin­tah (PP) No.13/2019 tentang la­poran dan eva­luasi pe­nye­leng­­garaan pe­merintah dae­rah yang menyatakan bah­wa pemerintah dae­rah berkewajiban me­nyam­paikan LKPJ kepada DPRD serta mengin­forma­sikan laporan penye­leng­ga­raan pemerintah dae­rah kepada masyarakat.

Kemudian Rahmang menyampaikan, berbagai kebijakan yang telah dilak­sanakan, Pemkab Padang­pariaman terus berupaya semaksimal mungkin un­tuk dapat mencapai target kinerja yang telah ditetap­kan di RPJMD tahun 2016 – 2021.

Hal ini, me­ngingat ta­hun 2021 me­rupakan ta­hun kelima pe­­riode RP­JMD Pa­dang­pariaman dan merupakan momen yang penting untuk mengetahui tingkat ke­ber­hasilan pem­ba­ngunan Padangparia­man selama lima tahun terakhir.

Selanjut­nya,  Rah­mang men­je­laskan, tahun 2021 adalah masa pera­li­han ke­pe­mim­­pinan da­ri bupati se­be­lumnya Ali Mukhni de­ngan visi Padangpa­riaman yang baru, religius, cerdas dan sejahtera ke­pada bupati terpilih Su­hatri Bur dengan visi Pa­dangpariaman berjaya.

Meskipun demikian, Rahmang menyebutkan, Pemkab Padangpariaman merealisasikan capaian target pendapatan sebe­sar 96,74 persen dari total anggaran pendapatan Rp1, 4 triliun.

Selain itu, tahun 2021 merupakan periode terja­dinya bencana nasional dengan adanya wabah pandemi Covid -19. Kon­disi ini tentu akan sangat mempengaruhi penca­paian target pemba­ngu­nan yang telah ditetap­kan, oleh karena itu pada tahun 2021 banyak dila­kukan penyesuaian ber­bagai kebijakan maupun program pembangunan untuk mewujudkan Pa­dangpariaman berjaya.

“Berdasarkan visi dan misi pem­bangunan Padang­paria­man serta memper­hati­kan isu-isu strategis dae­rah maka strategi yang diterapkan dalam pem­bangunan adalah strategi yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan sekaligus mening­katkan kualitas hidup ma­syarakat ke arah yang lebih baik,” ujar Rahmang.

Berkat berbagai keber­hasilan penyelenggaraan urusan pemerintah yang telah dilaksanakan selama tahun 2021, maka hal ini memberikan dampak po­sitif terhadap penye­leng­garaan pemerintahan di Kabupaten Padang­paria­man. “Alhamdulillah pres­tasi yang telah dicapai dalam penyelenggaraan peme­rintahan pada tahun 2021, Padang Pariaman perta­hankan Opini lapo­ran ke­u­a­ngan wajar tanpa pe­ngecualian yang dela­pan kalinya,” ujar Rah­mang.

Pada kesempatan yang sama, atas nama Pemkab Padangpariaman, Rah­mang mengucapkan teri­ma kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masya­rakat. Dan tak kala pen­tingnya menurut Rahmang berkat kerjasama segenap pimpinan dan anggota DP­RD, forum pimpinan dae­rah, alim ulama dan tokoh masyarakat serta insan media baik cetak, media online dan elek­tronik atas dukungannya terhadap kebijakan yang ada.

“Melalui kesempatan yang baik ini kami juga menghaturkan terima ka­sih atas rekomendasi yang te­lah disampaikan dprd pada penyampaian LKPJ bupati di tahun-tahun sebelum­nya,” ujar Rah­mang.

Rahmang menyebut­kan, secara umum dapat diinformasikan bahwa se­ba­hagian besar dari re­komendasi tersebut su­dah ditindaklanjuti melalui OPD terkait.

Kemudian diakhir pe­nyampaiannya, Rahmang berharap agar suasana yang kondusif serta hubu­ngan kerja dan kemitraan yang telah terwujud sela­ma ini, secara bersama kedepannya dapat dipe­lihara. Bahkan, diting­kat­kan untuk kemajuan pem­bangunan untuk me­wu­judkan Padangpariaman berjaya di masa yang akan datang. (**)

Exit mobile version