Padangpanjang Barat Usulkan 78 Rengiat di Musrenbang

PIMPIN--Wawako Padangpanjang Asrul pimpin Musrembang Kecamatan Padangpanjang Barat. 78 Rencana Program Pembangunan Diusulkan.

Sebanyak 78 rencana kegiatan diusulkan da­lam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Padangpanjang Barat (PBB). Wakil Walikota Asrul menegaskan, efisiensi anggaran dan skala prio­ritas harus jadi perhatian dalam mengusulkan rencana kegiatan dalam musrenbang ini mengingat banyak faktor yang mempengaruhi.

Dikatakan, tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dae­rah). Adapun prioritas pem­bangunan untuk ta­hun 2023 di antaranya di bidang ekonomi dan pe­ningkatan kualitas sumberdaya manusia.

“Pemulihan ekonomi, peningkatan kualitas pendidikan, pengamalan nilai agama dan budaya menuju Padangpanjang bermarwah dan bermartabat, merupakan prioritas pem­bangunan kita saat ini,” sebut Asrul.

Di samping itu, Asrul menambahkan peningkatan derajat Kesehatan, penurunan angka stunting juga merupakan salah satu prioritas. Melalui mus­renbang ini , kata Asrul, usulan yang disampaikan harus selaras dengan arah pembangunan Kota Padangpanjang saat ini. Pada semua OPD (Orga­nisasi Perangkat Daerah) diminta agar melakukan analisa mendalam setiap usulan yang disampaikan.

Asrul juga menekankan perhatian seluruh pihak terkait Covid-19 yang sampai hari ini sudah terdapat 47 kasus di Padangpanjang. “Untuk itu, perlu diingatkan lagi kepada semua pihak, supaya lebih meningkatkan kembali penerapan protokol kesehatan dalam berbagai ke­giatan,” ujar Asrul.

Sementara Camat PPB, Fiori Agustin, menambahkan dari rekap usulan musrenbang tingkat kecamatan PBB ini, sebanyak 48 usulan di bidang fisik, 18 usulan di bidang eko­nomi, dan 12 usulan di bidang sosial budaya.

Salah satu usulan prioritas di bidang sosial budaya yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) untuk anak yang terindikasi stunting dan pembentukan pos gizi di kelurahan se-PPB.”Ini didasari atas tingginya angka stunting di wilayah PBB. Serta belum adanya pos gizi di masing-masing kelurahan,” ungkap Asrul.

Dalam kegiatan ini, untuk meningkatkan antusias peserta yang hadir, panitia juga menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung yang di­serahkan langsung Wawako Asrul. (rmd)

Exit mobile version