Gedung Sekretariat DPD PKDP Padang dan Lapau Piaman Diresmikan, Wadah untuk Menyatukan Rang Piaman di Kota Padang

Wali Kota Pariaman DR Genius Umar bersama Ketua PKDP Kota Padang, Amril Amin, S.AP, Ketua DPW PKDP Provinsi Sumbar, H. Samal Saleh, Syaharman Zanhar, Masrizal, Ronny dan lainnya

Peresmian pemakaian Gedung Sekretariat DPD (De­wan Pimpinan Daerah) PKDP (Per­satuan Keluarga Daerah Piaman) Kota Padang dan Lounching Lapau Piaman di Jalan S. Parman No. 236-I  Padang, digelar Sabtu (12/2). Peresmian dan lounching dilaksanakan oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar. Turut hadir, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Ketua DPW PKDP Sumatera Barat (Sumbar), Ramal Sa­leh, dan pengurus, Ketua DPD PKDP Kota Padang, Amril Amin,­S.AP,­ Sekretaris DPD PKDP Kota Padang, Ronny S.Sos, dan pengurus selaku panitia acara. Juga hadir, Asisten I Kota Paria­man, Yaminu Rizal, Owner Lapau Pariaman, Ketua PKDP Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Syamsir dan pengurus, Anggota DPRD Kota Padang Muzni Zen, Masrizal Mamak serta Perantau dan Ma­sya­rakat Piaman di Kota Padang.

Owner Lapau Piaman, Sya­har­man Zanhar menga­ta­kan Lapau Piaman ini satu–satu­nya yang ada di Kota Pa­dang, Provinsi Sumbar, dan  bahkan Indonesia. Di sini tempat ber­kumpul, diskusi dan lainnya bagi masyarakat Piaman. Sya­har­man berharap dengan ke­lahiran Lapau Piaman yang menyajikan makanan khas Pia­man, menjadi salah satu potensi wi­sata untuk menyambut Su­matera Barat sebagai daerah wisata kuliner. “Konsepnya pagi untuk sarapan pagi, siang sampai sore makan siang dengan nasi sek. Malam­nya dengan kosep pu­ja­sera dengan harga terjangkau,” ungkapnya.

Ketua DPD PKDP Kota Pa­dang, Amril Amin,S.AP meng­ung­kap­kan rasa syukur atas pe­res­mian pemakaian Gedung Se­kretariat DPD PKDP Kota Padang dan Lounching Lapau Piaman. “Mari kita bersyukur kepada Allah SWT dan selalu berikthiar untuk selalu kompak dan bersatu. Kehadiran Lapau Piaman ini sangat mendukung se­kali. Dengan adanya Lapau Pia­man bisa saling berkomu­ni­kasi untuk kemajuan kampung kita dan kepentingan negeri kita,” harapnya.

Sebagai Pengurus DPD PKDP Kota Padang periode 2021- 2026, Amril Amin bermo­hon kepada pengurus, masya­rakat Piaman, agar ke depan da­pat seiya sekata. “Orang Piaman selalu kuat dan tegar. Mudah–mudahan dengan ke­ber­samaan kita ini, PKDP lebih baik lagi dan bersahaja,” harap Wakil Ketua DPRD Kota Pa­dang ini.

Ketua DPW PKDP Sumbar, Ramal Saleh mengapresiasi dan menyatakan siap men­du­kung gerakan PKDP Kota Padang. Apalagi dengan ada­nya Lapau Piaman yang men­jadi wadah bagi Rang Piaman agar bisa berbuat untuk kampung halaman.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengapresiasi hadirnya Kantor DPD PKDP Kota Pa­dang yang megah ini. Terma­suk juga Lapau Piaman yang menjual makanan khas Piaman dengan menu beragam dan tempat nongkrong bagi anak-anak milenial. Sekretariat DPD  PKDP Kota Padang ini nantinya menjadi tempat berkumpulnya pengurus dan niniak mamak di Kota Padang ini. “Semoga ini akan menjadi basecamp-nya Urang Piaman di Kota Padang. Sehingga semakin menyatukan warga kita, dan juga dapat membangkitkan ekonomi warga kita di Kota Padang,” harapnya.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan, Lapau Piaman menunjukkan ciri khas urang Piaman, harus dipertahankan dan dikem­bangkan dalam hal positif. Fungsi lapau sebagai wadah diskusi dan tempat berkum­pul­nya tokoh dari berbagai unsur dan latar belakang pendidikan yang berbeda. “Yang penting, lapau ini digunakan sarana berkumpul dan menyediakan kuliner khas Piaman. Lapau Piaman juga menggambarkan identitas urang asli Piaman di daerah ini,” harapnya.(**)

Exit mobile version