Siap Dilantik Lakukan Serah Terima Jabatan Camat, Jalin Kerja Sama dengan Semua Pihak di Padangpariaman

SERTIJAB—Bupati Padangapriaman Suhatri Bur saat serah terima jabatan (Sertijab) camat.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur siap melakukan pelantikan jabatan camat an pejabat eselon III dan IV lainnya di lingkungannya, kemarin, menghadiri serah terima Camat IV Koto Aur Malintang. “Camat merupakan perpenjangan ta­ngan pemerintah daerah di wilayahnya, dalam menjalankan roda pemerintahan dan pem­bangunan,” kata  Bu­pati Padang­pariaman Su­hatri Bur, kemarin, usai Sertijab Camat IV Koto Aur Malintang, dari pajabat lama Syukur kepada pe­jabat baru  Zuisman. Saat serah terima  tersebut  juga dilakukan pelan­tikan Ny. Sari Gulneti Zuisman sebagai Ketua TP PKK Keca­matan IV Koto Aur Malintang oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pa­dang­pariaman Ny. Yusrita Su­hatri Bur dan serah terima jaba­tan ketua TP PKK  Keca­matan IV Koto Aur Malintang, dari Ny. Sarinum Syukur kepada Ny. Sari Gulneti Zuisman.

Suhatri Bur mengucapkan selamat bertugas kepada peja­bat yang baru Zuisman dan terima kasih atas pengabdian, kepada pejabat lama Syukur yang dimutasi sebagai Camat V Koto Timur. “Atas nama Peme­rintah Daerah, saya mengucap­kan selamat kepada kepada Zuisman beserta ny, atas ama­nah baru yang diemban. Masih banyak tugas yang harus diker­jakan, apalagi dalam mengatasi pandemi covid-19 kita harus meningkatkan capaian vaksina­si. Meskipun terletak di ujung Utara Kabupaten Padangpar­ia­man, namun Kecamatan IV Koto Aur Malintang ini tetap menjadi perhatian khusus bagi kami selaku kepala daerah. Karena memiliki wilayah yang cukup luas, dengan potensi sumber­daya alam yang dimiliki oleh kecamatan ini. Walaupun se­mua Kecamatan mempunyai hak yang sama dalam pelak­sa­naan pembangunan dan pe­merintahan,” ungkapnya

Selanjutnya, Bupati Suhatri Bur juga terima kasih kepada Saudara Syukur beserta istri. Yang telah mengabdi cukup lama, kurang lebih 7 tahun di Kecamatan IV Koto Aur Malin­tang ini. Yakni, 5 tahun sebagai Sekcam dan 2 tahun sebagai Camat. Tentunya telah banyak yang diperbuat untuk kemajuan Kecamatan dan Nagari.

Di samping itu, Bupati Suhatri Bur juga berpesan kepada pejabat baru agar Camat Zuis­man selalu melakukan koor­dinasi dengan seluruh jajaran­nya. Baik itu dengan For­ko­pimca, Bamus, KAN, Wali Na­gari dalam menyerap aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat.  “Mudah-mudahan Kecamatan IV Koto Aur Malin­tang semakin maju kedepannya, mengingat Camat yang baru merupakan putra asli daerah ini dan sebelumnya juga bertugas di kantor Camat sebagai Sek­cam,” tutup Suhatri Bur.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Padang­paria­man Ny. Yusrita Suhatri Bur yang sebelumnya memberikan sambutan mengatakan sebagai Ketua TP PKK Kecamatan, banyak tugas yang harus diem­ban.  Selain mendukung dan menyokong tugas suami, Ketua TP. PKK juga memiliki tugas-tugas lain. seperti sebagai Ketua Forikan, Ketua Unit DWP dan Bunda PAUD Kecamatan.  Oleh karenanya, dalam menjalankan tugas tersebut dibutuhkan du­kungan penuh dari Camat. Agar kegiatan PKK di Kecamatan ini dapat dijalankan sampai ke tingkat Nagari dan korong. Katanya, mengingat Kecamatan IV Koto Aur Malintang ini telah menggoreskan prestasi, yakni­nya menjadi juara Dasa Wisma tingkat Kabupaten Padang­pariaman.  “Kita harapkan agar dapat mempertahankan prestasi ini, bahkan perlu lebih diting­katkan lagi,” ujar Yusrita.

Sebelumnya mewakili tokoh masyarakat, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) III Koto Aur Malin­tang Iskandar,  Rky Mudo menga­takan. semenjak dibawah koman­do Camat Syukur, Keca­matan IV Koto Aur Malintang sudah ber­kembang maju dan pesat.  Sejalan dengan perkem­bangan pem­bangunan di Kabu­paten Padang­pariaman dan Provinsi Sumatera Barat. Kemu­dian mem­berikan ucapan sela­mat kepada  Zuisman beserta istri yang me­ngemban amanah sebagai Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan. “Atas nama masyarakat, kami mengucap­kan terima kasih ke­pada Camat Syukur beserta istri. Atas pe­ngab­­dian yang cukup lama di Keca­matan IV Koto Aur Malin­tang ini, sebagai Sekcam 5 tahun dan sebagai Camat 2 tahun. Untuk itu, kami mohon maaf jika ada kesa­lahan selama bergaul. Baik dalam pergaulan secara Pe­merintahan maupun secara pri­badi. Dalam kesempatan ini kami juga meng­ucapkan sela­mat ber­tugas kepada Camat Zuisman. Semoga bisa terus bekerjasama dengan seluruh unsur di Ke­camatan dan men­jalin hubungan baik dengan pim­pinan daerah, dan masyarakat, semoga Kecamatan yang kita cintai ini semakin maju dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Iskandar juga mengharapkan kepada Bupati Padangpariaman agar Peme­rintah Kabupaten memberikan perhatian dan perlakuan yang sama kepada  Kecamatan yang berada di wilayah paling Utara Kabupaten Padangpariaman ini.  “Jangan kami perlakukan ber­beda de­ngan Kecamatan di wilayah se­latan, karena perbe­daan jarak tempuh. Sehingga kami di Ke­camatan terujung ini, terabaikan dalam berbagai aspek pem­bangu­nan,” ujarnya.

Kemudian ditempat terpisah juga berlangsung Sertijab Camat Batang Gasan dari Erman Sudin kepada Armedes dan pelantikan Ketua TP. PKK Kecamatan Batang Gasan Ny. Wati Ar­medes.  Kegiatan tersebut, diha­diri oleh Wakil Bupati Rahmang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Padangpariaman Ny. Yusneli Erza dan anggota Forkopimca Batang Gasan beserta tokoh masyarakat se­tem­pat.

Selanjutnya, di Kecamatan 2×11 Kayutanam Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang juga menghadiri serah terima jabatan Camat 2X11 Kayu Ta­nam dari pejabat lama Dion Franata kepada pejabat baru H.Syafrimen. Rahmang meng­ucapkan selamat bertugas ke­pada pejabat yang baru H.Sya­frimen sekaligus ucapan terima kasih atas pengabdian selama 5 bulan 15 hari kepada pejabat lama Dion Franata yang dimutasi sebagai Camat Lubuk Alung. “Rotasi, mutasi,  meru­pakan hal yang biasa terjadi bagi seorang ASN ini dilakukan juga untuk kemajuan dari aparatur sipil negara , terutama untuk jenjang karir agar terus men­ing­kat sehingga pentingnya untuk dila­ku­kan rolling jabatan,” ujar­nya.

Di samping itu katanya, juga merupakan hal yang lumrah dan biasa dialami oleh seorang apa­ratur pemerintah, dalam me­ma­hami sesuatu pekerjaan dan latihan untuk mampu ber­adaptasi dengan lingkungan yang baru. Proses mutasi, rotasi, promosi dan de­mosi ini, telah dilandasi dengan pertimbangan yang ob­jektif. Serta evaluasi, koreksi dan review atas kinerja yang telah saudara-sau­dara lakukan, de­ngan melakukan pendekatan yang berorientasi pada capaian suatu tujuan,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada camat yamg baru bahwasanya masih banyak Perkerjan Ru­mah (PR) dan tugas yang be­lum diselesaikan seperti agenda yang dekat yakninya MTQ yang direncanakan akan dilaksa­nakan pada akhir bulan Maret. “Semoga rencana yang telah dibuat dapat dilaksanakan. Pada kesempatan itu, Rahmang juga berpesan kepada unsur Peme­rintahan 2X11 Kayu Tanam agar terus bersinergi dan beker­ja­sama membantu tugas camat da­lam menjalankan roda peme­rin­tahan di kecamatan ini,” ujar­nya.

Rahmang berharap, kepada camat yang baru untuk bisa merangkul seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan dan melak­sanakan pembangunan.  “Kami juga berharap agar kita semua selalu menjaga kebersamaan dan bisa terus terpelihara dalam setiap gerak dan langkah yang dilakukan dalam melaksanakan pembangunan dan pember­da­yaan masyarakat. Te­ru­tama, dalam me­ngen­taskan kemiski­nan dan meningkatkan ke­sejah­teraan masya­ra­kat,” ungkapnya.

Setijab Camat ter­sebut juga dilakukan pe­lantikan Ny. Nur­malis Syafrimen sebagai Ke­tua TP PKK Keca­ma­tan 2X11 Kayu Tanam oleh Ketua TP PKK Kabupaten Padang­pa­riaman Ny. Yusrita Su­hatri Bur dan serah terima jabatan Ketua TP. PKK  Kecamatan 2X11 Kayu Tanam dari Ny. Vanni Dion Franata kepada Ny. Nurmalis Syafrimen

Ketua TP-PKK Yusrita Su­hatri Bur mengucapkan selamat atas pelantikan camat dan ketua TP-PKK yang baru dan ucaoan terimakasih kepada camat dan ketua TP-PKK yang lama.

“Meskipun hanya dalam waktu singkat yakninya 5 bulan 15 hari menjabat sebagai Ketua TP-PKK du kecamatan ini, gerakan PKK sudah nampak di kecamatan ini, semoga hal ini dapat dilanjutkan oleh Ketua TP-PKK yang baru bahkan agar dapat ditingkatkan lagi, mengingat masih banyak tugas yang harus dikerjakan seperti meng­hidup­kan dasa wisma, juga mengge­rakan penanaman tiga dan sayuran dilingkuan sekitar ru­mah yang juga bermanfaat untuk meminimalisir penge­kuaran keluarga juga dapat bernilai ekonomi,” terangnya

Ia berpesan agar kegiatan TP-PKK dapat berjalan yak­ninya tidak terlepas dari peran camat, wali nagari dan dukungan masyarakat sehingga program PKK tersebut dapat berjalan.

Harapan dari masyarakat kepada camat yang baru, Nas­rul Hamidi selaku tokoh ma­syarakat Kecamatan 2X11 Ka­yu Tanam mengatakan mes­kipun dalam waktu singkat diba­wah komando Dion Franata, namun telah ba­nyak manfaat yang dirasakan oleh masya­rakat Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, salah satu­nya saat pemilihan wali nagari yang berjalan aman dan ter­kendali tanpa ada hambatan yang berarti. “Atas nama ma­syarakat 2×11 Kayu Tanam kami me­ng­uvap­kan terimakasih atas pe­ngab­dian Dion selama ini, mu­dah-mudahan ditempat yang baru Dion dapat menjalankan roda pemerintaham lebih baik. Juga ucapan selamat datang untuk camat yang baru semoga dapat berkreasi, menciptakan inovasi, serta dapat membawa Kecamatan 2X11 Kayu Tanam ini kearah yang lebih baik lagi,” tambahnya mengakhiri.(***)

Exit mobile version