Melalui Porkota Lahirkan Atlet Berprestasi

SERAHKAN— Pj Sekretaris Kota Padang Arfian menyerahkan trofi juara umum kepada Camat Padang Timur.

GEGAP gempita alek olahraga se Kota Padang sudah usai. Hal itu menyusul Pekan Olahraga Kota Padang (Porkota) Padang 2021 ditutup Wali Kota Padang melalui Pj Sekda Arfian di Stadion GOR H Agus Salim, Selasa (21/12). Pekan olahraga seantero Kota Pa­dang ini berlangsung sejak. 15 Desember lalu. Setelah beberapa tahun absen, Porkota ini resmi ditabuh  Wali Kota Pa­dang Hendri Septa di Balaikota Aie Pacah, Rabu (15/12).

Kecamatan Padang Timur sukses menjadi juara umum dengan koleksi medali terbanyak 49 emas, 39 perak dan29 perunggu. Disusul Kecamatan Lubuk Begalung dengan 43 emas, 27 perak dan 36 perunggu serta di tempat ketiga Kecamatan Koto Tangah 41 emas, 29 perak dan 56 perunggu. Event olahraga yang diikuti 11 kecamatan se-Kota Padang dengan melibatkan sebanyak 28 cabang olahraga (Cabor).

Yusra Syarif .

Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum Porkota 2021 diserahkan Pj Sekda Arfian diterima Camat Padang Timur yang sebelumnya didahului pengalungan medali kepada pemenang cabang Sepakbola.

Pj Sekda Arfian mengatakan, bersyukur gelaran Porkota tahun ini bisa dilaksanakan dan berjalan lancar.  “Harapan kita tentunya, melalui Porkota ini nantinya akan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi serta unggul dan berdaya saing dari Kota Padang untuk Sumbar dan juga Indonesia.  “Semoga kegiatan ini dapat kita gelar terus berkelanjutan sekali dua tahun dan dengan penyelenggaraan yang lebih baik dan semarak lagi tentunya,” ungkap Adfian, didampingi Kadispora Mursalim.

kata Arfian, ajang Porkota ini digelar dalam persiapan Kota Padang menghadapi ajang Porprov Sumbar 2023 mendatang dan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh 2024. Jadi persiapannya dimulai dari awal melalui Porkota ini.

Alhamdulillah para atlet dalam kompetisi ini memberikan penampilan terbaiknya. Karena bagi atlet di masing-masing Cabor yang terbaik tentu akan dilirik untuk mewa­kili Padang pada Porprov nan­tinya. Jayalah olahraga Kota Padang,” ujar Arfian.

Ketua KONI Padang Yusra Syarif mengatakan, Porkota 2021 ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan sejak pelantikan pengurus di bawah kepemimpinannya.  Alasan digelarnya kegiatan Porkota tersebut, untuk memberikan wadah bagi para atlet Kota Padang untuk saling menguji kemampuan sesama atlet. Karena selama ini terjadi dampak pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan pertandingan berlaga.

“Kita dari KONI Padang berterima kasih kepada kontestan dari 11 kecamatan yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Porkota 2021 ini. Begitu juga kepada Dispora Padang, panitia penyelenggara dan semua unsur yang mendukung penyelenggaraan Porkota 2021 ini,” ucap Yusra.

Ditambahkan Yusra, terima kasih atas kerja panitia yang pihak terkait dalam menyukseskan alek Porkota 2021. Dan belajar dari ke­kurangan dan kelemagan selama ini agar Porkota tahun depan lebioh sempurna lagi pelaksanaannya.

Ketua Panitia Pelaksana Porkota Padang 2021 Erizal Syaf menyebutkan, total Cabor dipertandingkan di Porkota 2021 sebanyak 28 Cabor dengan melibatkan 2.339 atlet ditambah official dan pelatih 63 orang dari 11 kecamatan.

“Helat Porkota Pa­dang 2021 ini dihelat selama 6 hari yakni 15 hingga 21 Desember 2021, dengan venue pertandingan meyebar di beberapa kecamatan di Kota Padang,” ujar Eizal. (**)

Exit mobile version