Bupati Tanahdatar Eka Putra Buka Gebyar Kader PKK dengan Meriah

Bupati Tanahdatar Eka Putra membuka Gebyar PKK di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

BUPATI Tanahdatar Eka Putra SE MM membuka secara resmi Gebyar Kader PKK Tingkat Kabupaten Ta­nahdatar tahun 2021 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Jumat (10/12).

Jambore Kader PKK ting­kat kabupaten yang diikuti kader-kader hebat, pengurus PKK mulai dari kabupaten hingga jorong itu berlangsung meriah. Walau sempat sedikit molor, namun dengan persiapan yang matang dari ibu-ibu tangguh itu gebyar kali ini berlangsung meriah. Bupati Tanahdatar yang membuka gebyar tersebut puji dan beri apresiasi tinggi.

“Ibu-ibu hebat dan tangguh, gelaran gebyar ini luar biasa meriah, penampilan yel-yel TP-PKK kabupaten, teater TP-PKK Kecamatan dan banyak penampilan lainnya yang memukau di­tam­bah lagi dukungan sound system yang bagus, ini luar biasa, saya apresiasi, semo­ga ini juga jadi contoh bagi yang lain dengan memperhatikan segala sesua­tunya dengan apik,” ujar Eka Putra.

Ketua TP-PPK Tanahdatar Ny Lise Eka Putra, Wanita Kader PKK Tangguh.

Dikatakan Eka Putra ketika membuka gebyar itu TP-PKK sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah, punya Tupoksi (tugas pokok dn fungsi) yang jelas dan sebagai organisasi sosial sangat membantu program pemerintah karena menyentuh langsung masyarakat hingga lapisan bawah.

Bupati juga minta para orang tua untuk untuk mengawasi anak-anak remaja agar tidak terjerat narkoba, pergaulan bebas dan pekat lainya. Serta berharap kader PKK hingga jorong menjadi pelopor dan motor peng­gerak mencegah Pekat diwilayahnya masing-masing agar tidak menyebar luas di tengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, Ketua TP-PPK Tanahdatar Ny Lise Eka Putra menyampaikan, jika kader PKK adalah wanita-wanita tangguh, terlatih dan dipersiapkan dengan berbagai skill, sehingga punya kemampuan di bidang pem­berdayaan masyarakat.

“Tidak semua masya­rakat bisa menjadi kadet PKK, karena banyak hal yang harus diikuti, seperti kecakapan, disiplin ilmu, sehingga kader-kader mem­punyai wa­­wasan luas,” ujar Ny Lise.

Tujuan dari gebyar PKK dikatakan Ny Lise Eka Putra untuk menambah wawasan dan temu kader dari seluruh tingkatan di Kabupaten Tanah Datar, aktualisasi kader dalam pengembangan diri dan ajang silaturrahmi sekaligus memotivasi kader untuk kreatif dan inovatif.

“Saya berharap para ka­der agar terus belajar memperluas wawasan, me­ning­katkan kapabilitas diri sehingga dapat mencapai derajat kesehatan ma­sya­rakat yang optimal,”ulas Ny Lise.

Sementara dari laporan Panitia yang disampaikan Wakil Ketua TP-PKK Tanahdatar Ny Patty Richi Aprian menyebutkan, gebyar PKK ini sebagai upaya untuk me­numbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan, rasa kegotong-royongan dan tanggung jawab terhadap 10 program pokok PKK.

Untuk peserta disebut Ny Patty diikuti pengurus TP-PKK kabupaten sebanyak 36 orang, dinas dan OPD terkait 20 orang, kader PKK hingga jorong 665 orang dan dihadiri Forkopimda, OPD, Camat, Wali Nagari, pengurus pkk disemua jenjang dan kelompok dasawisma.

Untuk tema gebyar disampaikan Ny. Patty, “Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK melalui Penguatan Da­sawisma”. Turut hadir saat gebyar tersebut Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian SH MH Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Kepala OPD, Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra, Wakil Ketua TP-PKK Ny. Patty Richi Aprian, Ny. Laura Iqbal Ramadi Payana, Camat, Ketua Organisasi Wanita se Tanah Datar dan Bundo Kanduang. (**)

Exit mobile version