Sikapi Dampak Bencana Alam dengan Cepat, Bupati Pasaman Lobi OPD Provinsi dan Pusat   

Bupati Pasaman Benny Utama saat berada di kantor BNPB di Jakarta.

Dampak bencana alam yang melanda beberapa wi­layah di Kabupaten Pasaman selama kurun dua tahun bela­kangan ini telah menga­ki­batkan sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum di wilayah Pasaman rusak dan hancur.  “Kondisi ini mesti ditangani cepat, mengingat infrastruktur jalan, jembatan serta bangu­nan yang rusak, sangat dibu­tuhkan masyarakat, dan ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Bupati Pasaman, Benny Utama. Jum’at (17/9) sore saat dihubungi.

Setelah pekan lalu men­datangi sejumlah OPD provinsi dan unit kerja vertikal yang ada di Padang, pada akhir pekan ini Bupati Benny Utama melanjutkan kunjungannya ke Kementerian dan Lembaga Negara di Jakarta, guna mem­perjuangkan keberlansungan pembangunan dan pemulihan daerah terdampak bencana di wilayah kerjanya, Kabupaten Pasaman.

“Dengan porsi APBD yang ada sekarang, sepertinya sa­ngat sulit dan berat bagi Pa­saman untuk menangani kon­disi yang kurang baik ini, ka­renanya harus diupayakan sumber-sumber pembiayaan lain, baik yang ada di Pemprov maupun kementerian dan lem­baga,” kata Benny Utama.

Selama dua hari, pada Kamis dan Jumat (16 & 17/9) kemarin Bupati Pasaman me­lanjutkan ‘perjuangannya’ di Jakarta.

“Kita sudah siapkan data teknis dan kajian dampak sosial atas objek pembangunan dan pemulihan pasca bencana, se­bagai kelengkapan dokumen usulan yang diajukan ke ke­men­terian dan lembaga,” je­las­nya.

Saat berada di Graha BNPB, Jl. Pramuka Kav.38 Jakarta Timur, Jumat (17/9), Bupati Benny Utama menemui dan beraudiensi dengan Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan dan Pejabat BNPB lainnya, guna menyampaikan usulan percepatan Rehab Rekon dae­rah pasca bencana di Kabu­paten Pasaman

“Bila permohonan rehab rekon ini diakomodir, diharap­kan akan mengurangi beban pemerintah daerah dan ma­syarakatnya, atau Build Back Better, sehingga pemulihan infrastruktur yang akan di­bangun, bisa lebih baik dari segi bentuk dan manfaatnya,” jelasnya lagi. (mir)

Exit mobile version