Masa Pandemi Covid-19 Lahirkan Inovasi, Tingkatkan Pelayanan dan Wujudkan Konektivitas

Kadis Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi SE MM menjadi inspektur upacara Peringatan Harhubnas 2021 di Lantai III Terminal Type A Anak Aia Koto Tangah Padang, Jumat (17/9).

Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 diperingati dengan upa­cara di shelter lantai III Terminal Type A Anak Aia Kota Padang, Jumat pagi (17/9). Tampil sebagai ins­pektur upacara, Kadis Perhubungan Provinsi Sum­bar, Heri Nofiardi dan dihadiri insan perhu­bu­ngan, baik dari Kemen­terian Perhubungan, sta­ke­holder dan mitra.

Tema Harhubnas 2021 Bergerak Harmonikan Indonesia. “Tema ini me­miliki makna yang dalam, bahwa seluruh unsur di sektor transportasi harus terus bergerak maju, be­rani berubah untuk kema­juan transportasi, yang akhirnya memberikan har­moni bagi bangsa dan negara. Sedangkan momentum Harhubnas da­pat meningkatkan silatu­ra­him, persatuan dan kesa­tuan insan perhubungan, baik darat, laut, udara, dan kereta api,” ujar Heri No­fiardi.

Selain upacara, Har­hubnas 2021 juga diisi dengan rangkaian kegia­tan bakti sosial, donor darah, olahraga, dan an­jang­sana. Kegiatan go­tong-royong di Terminal Bukit Surungan Padan­g­panjang, dan Terminal Batusangkar. “Masing- masing Balai Kementerian Perhubungan juga sudah ada yang melaksanakan kegiatan Harhubnas,” ung­kap Heri.

Insan perhubungan darat, laut, udara dan kereta api, melaksanakan upacara memperingati Harhubnas 2021.

Terkait pandemi Co­vid-19 dan adanya pem­batasan aktivitas masya­rakat (PPKM), menurut­nya, telah menimbulkan beragam inovasi. Contoh­nya, adanya operator trans­­portasi yang meng­gunakan sistem pelaya­nan menggunakan tekno­logi informasi (IT), dan aplikasi pemesanan tiket.

*Pelayanan dan Mewu­judkan Konektivitas Wila­yah

Upaya meningkatkan pelayanan di sektor trans­portasi kepada masyara­kat, Dishub Sumbar me­lak­sanakan razia ga­bu­ngan dan sidang di tem­pat. Kegiatan ini dilak­sanakan di Kabupaten Solok, Agam, Kota Paya­kumbuh, Bukittinggi, dan Padangpanjang,

Sedangkan untuk me­wujudkan konektivitas wi­la­yah, sedang disiapkan sistem dan jaringan infra­struktur transportasi. Di antaranya, sudah dilak­sanakan kajian lingkungan terhadap Pelabuhan Tua Pejat di Mentawai. “Insya Allah, akan dilakukan per­panjangan dermaganya dengan anggaran ber­sum­ber dari Pemerintah,” terangnya.

Kemudian, penye­le­saian Pelabuhan Bajau Mentawai, dan Dermaga ASDP Bungus. Di sektor darat, Dishub Sumbar melakukan inspeksi ruas jalan provinsi, guna me­ngindentifikasi ruas jalan yang rawan kecelakaan. Juga kegiatan penyuluhan lalulintas kepada siswa SMP-SMA di kabupaten/kota.

Di sektor udara, me­lanjutkan pembangunan Bandara Rokot yang di­danai APBN. Begitu juga memantapkan kajian mas­ter­plan rencana pemba­ngunan dermaga di Danau Maninjau, dan Danau Sing­karak yang didanai oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Ke­menterian Perhubungan.

Di samping itu, tahun 2021 ini Dishub Provinsi Sumbar juga telah me­rampungkan rencana pem­bangunan Flyover Pelintasan Kereta Api Tabing dan Duku (Bandara Internasional Minang­kabau) dengan Balai Jalan Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Kementerian PUPR. (**)

Exit mobile version