Majukan Ekonomi Kreatif di Padang, Wako Hendri Septa Siap Bersinergi dengan Kemenparekraf

DISKUSI— Wali Kota Padang, Hendri Septa berdiskusi dengan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

PADANG, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau kegiatan pame­ran UMKM di Transmart Padang, Rabu malam (6/7).

Kehadiran Sang Men­teri dan Wali Kota Padang malam itu jelas menjadi motivasi bagi para pelaku usaha muda yang mengi­kuti kegiatan yang dise­lenggarakan Kemenpa­rek­raf melalui Apresiasi Kre­asi Indonesia (AKI).

Beragam usaha kreatif di Kota Padang dan Su­matra Barat (Sumbar) ikut me­ngambil bagian untuk me­nampilkan produknya di stand masing-masing. Ada 27 pelaku UMKM di Sumbar yang ikut dalam pameran ini.

‘Mas Menteri’ bersama Wali Kota Padang menin­jau satu per satu stand tersebut. Setelah itu kegia­tan dilan­jutkan dengan Bin­cang Ap­resiasi bersama 27 pelaku usaha kreatif ter­sebut.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, AKI meru­pakan suatu wadah untuk mendorong pengemba­ngan ekonomi kreatif mela­lui peningkatan kapasitas dan pameran. AKI dise­lenggarakan untuk mendo­rong pelaku ekonomi kreatif di bidang subsektor kriya, fashion, film, dan musik.

“Kami mengadakan AKI ini untuk mendorong para pelaku usaha di Su­matera Barat agar lebih tranformasi digital. AKI adalah rumahnya bagi pa­ra pelaku UMKM. Pada tahun ini AKI diadakan di 16 kota di Indonesia, salah satunya adalah Kota Pa­dang,” ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengajak para kepala daerah untuk men­support pengembangan UMKM di daerah masing-masing, agar lebih cepat berkembang dan maju, sehingga dapat membang­kitkan ekonomi masyara­kat pasca­pandemi Covid-19.

“Penguatan ekonomi kreatif sangat penting un­tuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, oleh karena itu kita sangat butuh dukungan dari ke­pala daerah. Dimana kita menargetkan untuk men­ciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024,” ungkap Sandiaga.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparek­raf ke Kota Padang. Menu­rutnya, saat ini Pemerintah Kota Padang tengah mem­bangun Gedung Youth Cen­ter sebagai wadah un­tuk pengembangan ekono­mi kreatif di Kota Padang. Pembangunan gedung ini ditargetkan selesai awal Agustus mendatang.

“Untuk itu kami dari Pemerintah Kota Padang membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari Ke­menparekraf agar gedung Youth Center ini dapat digunakan nantinya de­ngan maksimal untuk pe­ngembangan ekonomi kre­atif di Kota Padang,” pung­kas Hendri Septa.

Sebelum meninjau stand UMKM di Transmart Padang, Menteri Sandi juga singgah ke kediaman resmi Wali Kota Padang untuk santap malam dan ber­diskusi ringan terkait perkembangan wisata dan ekonomi kreatif di Kota Padang. (adv)

Exit mobile version