Kapolri: Pemilu 2024 Lebih Kondusif Dibanding Pemilu 2019

HALAL BIHALAL— Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri Halalbihalal PP Muhammadiyah, Tangerang Selatan, Rabu (24/4).

JAKARTA, METRO–Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan proses Pemilu 2024 berjalan kondusif. Hal itu berbeda dengan pelaksanaan Pemilu 2019 yang cende­rung kaos.

“Kita baru saja melaksanakan rangkaian perhelatan besar terkait dengan kontestasi Pergantian pe­mimpin nasional dan tentunya kita sepakat bahwa siapapun yang kita pilih adalah calon-calon yang terbaik dan alhamdulillah dari serangkaian proses yang ada di tengah perbedaan terdapat di tengah perbedaan pilihan. Namun Alhamdulillah secara keseluruhan kondisi stabilitas Kamtibmas sangat terkendali. Oleh karena itu kami mengucapkan terima ka­sih,” kata Listyo dalam sambutannya di Halalbihalal PP Muhammadiyah, Tangerang Selatan, Rabu (24/4).

Listyo pun menceritakan suasana Pemilu 2019 lalu. Ia mengatakan, pada perhelatan Pemilu 2019 sampai memakan korban dan banyak fasilitas umum yang dirusak massa.

“Kami bandingkan dengan 2019. Begitu hebatnya perbedaan pendapat sehingga diakhiri dengan berbagai macam peristiwa dan kerusuhan yang berlarut-larut dan memakan korban ada yang meninggal, Luka berat dibakar dan gedung-gedung dirusak, termasuk fasilitas-fasilitas lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia bersyukur pada kondisi Pemilu 2024 tidak separah Pemilu 2019. Pemilu 2019 cenderung kondusif dan terukur hingga akhir.

“Namun Alhamdulillah di tahun 2024 ini, Walaupun isunya juga tidak kalah. Sehingga perbedaan pen­dapat itu menjadi meruncing namun hampir semua wilayah di Indonesia kami ikuti. Bahkan di hari terakhir kemarin, walaupun selalu ada aksi di lapangan, namun semua terukur. Jadi itu tentunya jadi hal yang kita syukuri,” pungkasnya. (*/rom)

Exit mobile version