Pemkab Pasbar Gelar Musda PPDI, Wabup Risnawanto Tekankan Peran Strategis Perangkat Nagari

PASBAR, METRO–Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Persatuan Perangkat Desa/Nagari Indonesia (PPDI) pada Kamis (5/9) di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat. Wakil Bupati Pasaman Ba­rat, Risnawanto, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran str­a­­­tegis perangkat nagari dalam mendukung pembangunan da­erah. Ia me­nyoroti pentingnya memperkuat struktur organisasi perangkat nagari agar mampu menjalankan fungsi pemerintahan dan mem­­berikan masukan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Peran perangkat nagari sangat penting dalam pembangunan di nagarinya. Oleh karena itu, kebersamaan yang sudah terjalin baik selama ini menjadi kekuatan utama dalam tubuh pemerintah nagari untuk mencapai target pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan ma­syarakat,” ujarnya.

Risnawanto juga menambahkan, struktur organisasi yang solid, didukung oleh sumber daya ma­nusia (SDM) yang berkualitas dan berpendidikan, merupakan modal penting dalam memajukan nagari. Menurutnya, SDM yang andal akan memungkinkan perenca­naan yang matang dan analisis yang tepat dalam menyikapi kondisi serta kebutuhan masya­rakat.

Lebih lanjut, Risnawanto menegaskan perlunya sinergi antara perangkat nagari, kecamatan dan sektor lainnya untuk memaksimalkan potensi wila­yah yang ada.

“Kebersamaan dan si­ner­gitas antara nagari dan kecamatan sangat penting untuk mewujudkan nagari yang maju, mandiri, dan sejahtera. Ini harus dimulai dari internal. Kesejah­teraan masyarakat akan tercipta jika program strategis yang dibutuhkan ma­sya­rakat dapat berjalan dengan baik,” tambahnya. Musda ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Pasbar Defi Irawan, Ketua PPDI Sumbar Dasril, serta perangkat nagari se-Kabupaten Pasaman Barat.(end)

Exit mobile version