Terkait Ditemukan 2 OTG Positif Covid-19, Ratusan Warga Lakukan Pengambilan Sampel Swab

PARIAMAN, METRO
Pascadua orang tanpa gejala (OTG) di Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman dinyatakan positif Covid-19, sampai saat ini sebanyak 150 orang hasil tracking dilakukan pengambilan sampel swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul mengatakan, berdasarkan hasil tracking yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman terhadap cluster baru pasien Covid-19, sampai saat ini ada 150 orang yang telah diambil sampel swabnya.

‘“Kita sudah lakukan swab terhadap 150 orang yang pernah kontak langsung dengan OTG. 61 sampel swab telah keluar hasilnya sampai saat ini, ditemukan 1 (satu) orang lagi warga yang terjangkit virus Covid-19 tersebut dan 60 orang hasil sampelnya negatif. Itu berarti saat ini ada 3 positif covid-19 di Kota Pariaman. Ketiganya sudah melakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Pariaman telah berupaya agar OTG tersebut bersedia diisolasi di Padang, namun mereka memilih melakukan isolasi mandiri. Untuk 89 orang lagi, sampel swabnya ‘masih dalam proses pemeriksaan. Dalam satu atau dua hari kedepan akan selesai dan diketahui hasilnya.

‘“Semoga saja 89 orang lagi hasilnya baik. Terhadap pasien OTG telah dilakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Kami telah serahkan kepada kepala desa terhadap pasien. Apabila pemerintah desa tidak sanggup akan diambil alih Tim Gugus Tugas,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Pariaman, covid-19 bukanlah aib, dan kita akan berupaya untuk memberikan yang terbaik agar Kota Pariaman kembali menjadi zona hijau, dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Untuk yang diambil swab agar melakukan isolasi mandiri menjelang hasil swab tersebut keluar. “Dalam fase nomal baru ini kita berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.(efa)

Exit mobile version