Swedia vs Spanyol, Tamu Butuh Imbang

Swedia bakal menjamu Spanyol pada laga lanjutan Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020 di di Friends Arena, Solna, Rabu (16/10), 01:45 WIB.
Pada laga nanti, kemenangan menjadi harga mati bagi Swedia yang saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 14 poin dari 7 laga yang dijalaninya.
Pasalnya skuad asuhan Andersson saat ini hanya unggul satu poin dari Romania yang akan menjamu Norwegia pada laga lainnya di hari yang sama.
Tentunya ini menjadi PR yang berat bagi Swedia untuk bisa lolos kebabak selanjutnya. Sebab, jika kalah dari Spanyol, posisi Swedia bakal rawan. Apalagi kalau Romania berhasil meraih kemenangan, otomatis posisi Swedia diposisi kedua bakal digusur.
Sementara itu, tim asuhan Robert Moreno memimpin Grup F dengan raihan 19 poin dari 7 laga yang dijalaninya. Pastinya, kemenangan juga menjadi harga mati bagi Spanyol demi mempercepat langkah mereka ke putaran final Piala Eropa, tahun depan.
Pasalnya, jika Spanyol berhasil mengalahkan Swedia, tim berjuluk Matador itu sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Oleh karena itu, Moreno tidak ingin anak-anak asuhnya gagal membidik kemenangan demi mempercepat langkah mereka ke putaran final.
Namun untuk bisa meraih kemenangan, Ramos dan kolega wajib menunjukkan reaksi setelah gagal meraih poin penuh di kandang Norwegia. Apalagi Swedia memiliki tipikal permainan yang nyaris mirip dengan Norwegia, sebagai sesama tim dari Skandinavia.
Selain itu, Swedia juga butuh kemenangan demi tetap membuka peluang mereka lolos ke putaran final Piala Eropa tahun depan. Dengan dukungan lebih di depan pendukung sendiri, tim besutan Janne Andersson itu tentu sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk menjegal langkah Spanyol.
Start sempurna Spanyol terhenti. Sergio Ramos juga mendapatkan kartu kuningnya yang ketiga, dan harus absen melawan Swedia nanti.
Spanyol sejatinya bisa memastikan kelolosan andai menang atas Norwegia, dimana Sergio Ramos memecahkan rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah La Furia Roja. Kelolosan mereka harus tertunda, setidaknya sampai laga melawan Swedia, di mana mereka cuma butuh hasil imbang.
Swedia sendiri sebelumnya sudah menghajar tuan rumah Malta 4-0 lewat satu gol Marcus Danielson, dua penalti Sebastian Larsson, dan satu bunuh diri lawan.
Spanyol dan Swedia sebelumnya telah bertemu di matchday 4. Spanyol memenangi laga di Santiago Bernabeu pada Juni 2019 itu tiga gol tanpa balas. Spanyol mengalahkan Swedia lewat penalti Sergio Ramos dan Alvaro Morata, serta gol Mikel Oyarzabal.
Di Solna, Spanyol cuma membutuhkan tambahan satu poin untuk mengunci kelolosan dengan dua laga tersisa. Itu akan menjadi penampilan beruntun ketujuh Spanyol di putaran utama EURO, streak terpanjang dalam sejarah La Furia Roja.
Mampukah juara EURO 1964, 2008, dan 2012 ini melakukannya? (*/rgr)

Exit mobile version