Rumah Warga Tertimpa Pohon Tumbang di Sijunjung

TERTIMPA POHON— Tim BPBD Sijunjung bersama warga setempat melakukan pembersihan material pohon tumbang di Nagari Bukti Bual, Kecamatan Koto VI, Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Satu rumah warga di Jorong Koto Hilir, Nagari Bukit Bual, Keca­matan Koto VII rusak akibat di­timpa pohon tumbang. Musibah itu disebabkan oleh curah hujan yang tinggi disertai angin kencang dan mengakibatkan pohon tumbang.

Pascakejadian, tim dari BPBD Sijunjung bersama masyarakat setempat langsung melakukan evakuasi. Meskipun tidak terdapat korban jiwa pada peristiwa tersebut namun, rumah warga yang tertimpa pohon mengalami kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung, Henry Chaniago melalui Kasi Kedaruratan Heries mengatakan bahwa, kejadian pohon tumbang tersebut men­impa rumah milik warga bernama Marlis (54) warga Jorong Koto Hilir Kenagarian Bukit Bual Kecamatan Koto VII, sehingga atap rumah mengalami rusak. Selain itu, kejadian pohon tumbang juga terjadi di Jorong Koto Nagari Palaluar.

“Dari dua peristiwa pohon tumbang yang menimpa rumah warga, tidak ada korban jiwa, namun mengakibatkan kerugian material dan kerusakan terhadap rumah warga,” katanya, Kamis (13/10).

Heries menuturkan, tim BPBD Sijunjung pada saat kejadian  langsung turun ke lokasi untuk membersihkan material pohon yang menimpa rumah warga yangtertimpa pohon tersebu.

“Material pohon menimpa rumah dibersihkan menggunakan mesin pemotong kayu. Pembersihan itu juga melibatkan pemerintah kecamatan, nagari, warga dan lainnya, sehingga material bisa dibersihkan sekitar pukul 18.30. WIB,” ucapnya.

Dikatakan Heries, pemilik rumah beserta empat orang anak masih tinggal di rumah tersebut meski mengalami kerusakan pa­da bagian atap bagian tengah rumah. Pihaknya me­ngim­bau agar masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian bencana alam yang kapan saja bisa terjadi.

“Intensitas curah hujan yang tinggi bisa menjadi pemicu bencana alam, kita mengimbau agar masya­rakat tetap waspada bahaya longsor, pohon tumbang, banjir bandang dan angin kencang,” himbaunya. (ndo)

Exit mobile version