Satu-satunya dari Sumbar, Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

TERIMA PENGHARGAAN— Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran  saat menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo.

PADANGPANJANG, METRO–Wali Kota Padangpanjang, H Fadly Amran, BBA Dt Paduko Malano menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Ba­dan Kependudukan dan Keluar­ga Berencana Nasional (BKKBN). Penyematan penghargaan di­helat di Convention Hotel San­tika Medan, Rabu (6/7).

Wako Fadly meraih MKK pada momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang dipu­satkan di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai de­dikasi tinggi terhadap program pengendalian pen­duduk dan keluarga berencana.

Menjadi satu-satunya kepala daerah di Sumbar yang menerima penghar­gaan dan disematkan len­cana oleh Kepala BKKBN Pusat, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, SpOG (K), peng­hargaan yang diraih Fadly Amran itu, atas kepedu­liannya dalam mendukung program Pembangunan Ke­­luarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Pada kesempatan itu, Hasto Wardoyo mene­rang­­­kan, salah satu rang­kaian kegiatan pada Peri­ngatan Harganas tersebut adalah Gebyar Penghar­ga­an Program Bangga Ken­cana. Pada kegiatan ini diberikan penghargaan ke­pada para pemangku ke­pentingan dan mitra ker­ja yang telah memberikan dukungan, komitmen dan peran sertanya dalam pe­lak­sanaan program Bang­ga Kencana, yang salah satu penerima penghar­gaan tersebut adalah Wali Kota Padangpanjang.

“Saya sangat mem­be­rikan apresiasi kepada Wa­li Kota Padangpanjang dan jajarannya yang telah be­gitu peduli terhadap per­kembangan program Bang­ga Kencana, yang dalam hal ini menjadi tugas dan fungsi BKKBN. Dapat saya garis bawahi, program na­sional ini tidak mungkin dapat hanya dila­kukan oleh BKKBN semata, namun kebersamaan dalam men­capai tujuan yang diharap­kan,” ungkap Hasto.

Sebelum menerima peng­hargaan MKK, Pa­dangpanjang pada 2021 menjadi terbaik I Pengelola Program Bangga Kencana di Sumbar. Tak hanya itu, Padang Panjang juga men­jadi kota pertama yang menyelenggarakan Ra­kerda Bangga Kencana pada 2022. Lalu adanya komitmen Pemko menja­dikan 16 kelurahan sebagai Kampung Keluarga Ber­kua­litas (KB) pada 2022 ini. Termasuk komitmen untuk penurunan angka stunting.

Dari segi prestasi, ka­der KB, PIK Remaja, Duta GenRe selalu mem­bu­ku­kan prestasi terbaik di Sum­bar. Terbaru, Duta Gen­Re Putri Padang Pan­jang, Maulidya Nurdini terpilih sebagai juara I Sumbar dan akan berlaga di tingkat nasional.

Atas penghargaan yang diterimanya ini, Wako Fadly mengucapkan terima kasih kepada BKKBN dan semua pihak. Khususnya kepada kader KB, penyuluh Bangga Kencana, jajaran Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Be­ren­cana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlin­dungan Anak (DSPPKB­PPPA), dan stake holder lainnya.

“Ini adalah hasil kerja bersama yang akan terus kita tingkatkan kualitas dan kuantitasnya demi kesejah­teraan keluarga di Padang Panjang. Keluarga sejah­tera adalah bagian visi misi Pemko untuk mewujudkan “Kejayaan Padang Pan­jang Bermarwah dan Ber­martabat”. Semoga pres­tasi ini akan semakin me­motivasi kita semua untuk terus menjadi terbaik,” ujar Fadly Amran.

Sementara itu Kepala DSPPKBPPPA, Drs Osman Bin Nur, MSi menyebutkan, anugerah MKK ini adalah bentuk apresiasi BKKBN terhadap Wali Kota dalam menggerakkan program Bangga Kencana.

“Apa yang telah dila­kukan Bapak Wali Kota, dinilai me­lebihi ekspektasi BKKBN. Ini dibuktikan de­ngan banyak­nya prestasi yang telah kita raih dalam program Bangga Ken­cana ini. Mulai dari ca­paian program, prestasi PIK R, Duta GenRe, Kampung KB dan sebagainya,” jelas Os­man. (adv)

Exit mobile version