Truk Tronton Rem Blong Picu Tabrakan Beruntun di Kabupaten Agam, Libatkan 4 Kendaraan, 3 Orang Terluka

TABRAKAN BERUNTUN— Truk tronton terguling masuk sawah usai menabrak tiga kendaraan di Jalan Lintas Bukittinggi-Payakumbuh KM 12.

BUKITTINGGI,METRO–Tabrakan beruntun yang melibatkan empat kendaraan terjadi di Jalan Lintas Bukittinggi-Payakumbuh KM 12, Jorong Sungai Cubadak, Nagari Tabek Panjang Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Senin (4/7).Akibatnya, pengemudi hingga penumpang mobil mengalami luka-luka.

Bahkan, kecelakaan beruntun yang disebabkan truk tronton rem blong tersebut, menyebabkan empat kendaraan yang ditabraknya mengalami kerusakan parah. Truk tronton itupun berhenti setelah keluar dari badan jalan dan terguling ke sawah.

Selain itu, akses jalan lintas itupun menjadi terganggu dan macet total lantaran kendaraan-kendaraan yang terlibat kecelakaan menutupi badan jalan. Warga setempat maupun pengendara bahu-membahu mengevakuasi para korban dari dalam kendaraannya lalu dila­rikan ke rumah sakit.

Kasatlantas Polres Bu­kit­tinggi, AKP Ghanda No­vidiningrat mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, diawali karena truk tronton Hino berpelat nomor B 9952 UYX yang dikemudikan oleh Pil Guspikar mengalami rem blong. Truk itu datang dari arah Bukittinggi menuju Payakumbuh.

“Sesampainya di TKP pengemudi hilang kendali dan menabrak mobil Dai­hatsu Sigra D 1507 YBU. Selanjutnya mobil Daihatsu yang dikemudikan oleh Martius menabrak Toyota Kijang BA 1596 OB yang dikemudikan oleh Indra, hingga akhirnya menabrak truk Colt Diesel BA 8372 HA yang dikemudikan oleh Herri,” kata AKP Ghanda, Selasa (5/7).

Dijelaskan AKP Ghan­da, akibat dari kejadian tersebut pengemudi truk mengalami luka robek pa­da dagu dan memar pa­da kepala dan dirawat di Pus­kesmas Baso.

“Penumpang mobil Toyota kijang atas nama Widuri mengalami patah tulang tangan sebelah kiri dirawat di Puskesmas Baso dan kemudian di rujuk ke RSI. Ibnu Sina Bukittinggi,” ujarnya

Menurut AKP Ghanda, kecelakaan ini sempat mem­buat kemacetan pa­n­jang sebelum kendaraan yang terlibat dievakuasi dari lokasi. Namun, setelah seluruh kendaraan dipin­dahkan, arus lalu lintas Bukittinggi-Payakumbuh kembali normal.

“Total kerugian materi yang ditimbulkan ditaksir Rp 150 juta. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, tiga orang me­ngalami luka-luka dan su­dah mendapatkan pena­nga­nan medis. Hasil olah TKP, diduga penyebabnya truk tronton mengalami rem blong,” tutupnya. (pry)

Exit mobile version