Lupa Matikan Kompor, Rumah Milik Lansia Kebakaran di Kota Payakumbuh

API MEMBUBUNG– Rumah yang dihuni pria lansia mengalami kebakaran di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, METRO–Rumah yang dihuni pria lanjut usia (lansia) di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang,  Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, mengalami kebakaran, Sabtu (21/5) sekitar pukul 20.10 WIB. Untungnya, hanya bagian dapur rumah yang ludes terbakar.

Pasalnya, petugas Damkar dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota setelah mendapat laporan adanya kebakaran, cepat datang ke lokasi sehingga bangunan rumah utama dapat diselamatkan dari amukan si jago merah.

Kabid Damkar Kota Payakumbuh Budi Kurniawan mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 20.10 WIB dan berselang lima menit, pihaknya sudah tiba di lokasi bersama armada pemadam.

“Alhamdulillah laporan warga cepat kami terima dan kami cepat pula sampai ke lokasi kejadian sehingga yang terbakar hanya bagian dapurnya saja yang terbuat dari kayu. Sementara rumah utama yang bangunannya permanen selamat. Rumah tersebut dihuni hanya seorang diri oleh pria lansia, mungkin lupa mematikan kompor,” kata Budi Kurniawan, Minggu (22/5)..

Budi menerangkan pemadaman hanya memakan waktu sekitar setengah jam, Pihaknya mengirimkan seluruh armada dan personel ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan dibantu oleh satu unit Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kecepatan menjadi kunci utama keberhasilan tugas pemadaman kebakaran. Jadi kami himbau kepada penguna jalan apabila mendengar sirine mobil pemadam kebakaran untuk memberi prioritas jalan,” tutur Budi.

Budi menuturkan, pihaknya tak henti-hentinya mengimbau warga agar waspada dan jangan lupa simpan nomor quick response hotline Damkar nomor 0752-92913 untuk mempercepat pelaporan jika terjadi kebakaran.

“Warga juga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya,” pungkasnya. (uus)

Exit mobile version