Perbaiki Iman, Moral dan Hati

Suhery, S.T (Anggota DPRD Pasaman).

SENANTIASA bersyukur kepada Allah SWT, bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rakhmat serta kasih sayang dari Allah SWT. Diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melak­sanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan de­ngan tujuan agar menjadi orang-orang yang ber­takwa.

Puasa di Bulan Ra­madan, seperti dinya­takan pada QS Al-Ba­qarah 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa se­bagaimana diwajibkan atas orang-orang sebe­lum kamu agar kamu ber­takwa”.

Bagi setiap umat Islam dengan segala bentuk aktifitas sehari-hari, menja­lankan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan, baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama manusia serta hubungan dengan Allah SWT.

Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga. Namun, berkaitan pula dengan menjalankan amalan ibadah puasa Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, itikaf, membaca Alquran, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram, serta kegiatan lain dalam kehidupan ini.

Dengan datangnya Ra­madan 1443 H ini, tentunya diharapkan mampu men­jadi pilar dan motivasi bagi seluruh umat muslim untuk tidak bermalas-malasan bekerja tetapi berupaya  meningkatkan disiplin diri dan etos kerja sesuai de­ngan tugas dan fungsi ma­sing-masing, karena kita melakukan semua pe­ker­jaan dengan niat karena Allah dan tentunya disertai doa agar apa yang kita ker­jakan hendaknya selalu be­rada di jalan yang lurus dan diridhoi oleh Allah SWT.

Selain itu, bulan yang penuh berkah ini hen­dak­nya menjadi ajang intro­peksi dan perbaiki iman, moral dan hati, sehingga dapat bekerja lebih optimal demi kesejahteraan dan bermanfaat bagi keluarga maupun masyarakat. Pu­asa Ramadan juga bertu­juan untuk melatih disiplin terhadap waktu dan me­ningkatkan etos kerja. (*)

Exit mobile version