Nagari Digital Masjid Beri Kemudahan Nasabah selama Ramadhan-Lebaran

DIREKSI— (Ki-ka) Direktur Operasional Bank Nagari Syafrizal, Direktur Kepatuhan Restu Wirawan, Direktur Utama Muhamad Irsyad, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra dan Direktur Keuangan Sania Putra.

PADANG, METRO–Selama bulan suci Ramadhan sam­pai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah (H) nanti, aplikasi Nagari Digital Masjid (NDM) Bank Nagari hadir untuk memu­dahkan segala aktifitas masyarakat. Tentu khususnya bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Produk digital terbaru Bank Nagari yang bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Su­mat­ra Barat (Sumbar) akan membe­rikan kemudahan bagi masyarakat terutama bagi yang ingin bersedekah, berinfaq, dan mengetahui segala informasi ten­tang masjid di Provinsi Sumbar kapan pun dan di mana pun berada.

Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Mu­hamad Irsyad mengatakan, kemu­dahan mendapatkan informasi dan dalam melakukan aktifitas, serta transaksi keuangan merupakan hal yang sa­ngat penting dan dibutuh­kan oleh masyarakat saat ini.

Ditambahkan, hal ter­sebut selaras dengan ke­ma­juan teknologi dan digi­talisasi yang berlangsung di segala bidang serta semakin dipercepat sete­lah pandemi Covid-19 me­landa dunia termasuk Pro­vinsi Sumbar.

“Menyikapi kondisi ter­sebut, kami bekerja sama dengan DMI Sumbar meng­hadirkan aplikasi NDM gu­na mempermudah masya­rakat dalam mendapatkan informasi seputar masjid dan mushalla, serta kemu­dahan melakukan transak­si keuangan yang berkai­tan dengan infaq dan se­dekah,” jelasnya.

Irsyad mengungkap­kan, terdapat beberapa kemudahan yang diberi­kan oleh aplikasi NDM sela­ma bulan Ramadhan sam­pai Lebaran di antaranya NDM sangat mudah di­down­load melalui Play Store dan diinstall pada smartphone atau tablet, serta bisa juga diakses me­lalui internet web brow­ser dengan alamat https://di­gi­talmasjid.banknagari.co.id.

Kemudian, fitur dan me­nu yang disediakan apli­kasi NDM sangat mudah dipahami dan digunakan (user friendly) yang meli­puti infaq dan sedekah secara digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Selain itu, pengguna juga bisa mencari dan me­ngetahui lokasi masjid atau mushalla melalui GPS, in­for­masi profil masjd, up date foto kondisi masjid dan mushalla, kegiatan seperti ceramah, pengajian, wirid, kegiatan sosial, ekonomi umat, perlombaan, dan informasi jadwal waktu salat, serta arah kiblat,” ungkap Irsyad.

Tak hanya itu, melalui aplikasi NDM Bank Nagari, pengguna atau ma­syara­kat juga bisa menge­tahui up date posisi keua­ngan masjid dan mushalla, serta pemberian komentar atau rating ke­pada masjid dan mushalla.

Irsyad menjelaskan, aplikasi NDM telah diper­siapkan berberapa waktu sebelumnya dan telah di­lun­curkan bersama Guber­nur Sumbar, Mahyeldi An­sharullah pada tanggal 17 Desember 2021 yang lalu bertempat di Masjid Raya Sumbar.

“Selanjutnya launching NDM ini juga diperkuat dengan simbolis penggu­naan NDM bersama H. Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, yang saat ini merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat DMI pada tanggal 19 Maret 2022 yang lalu,” tuturnya.

Irsyad juga menyam­pai­kan terima kasih atas kepercayaan dari DMI Pro­vinsi Sumbar dan pe­ngu­rus masjid dan mu­shalla di Sumbar kepada Bank Nagari sebagai bank tempat pengelolaan keua­ngan.

“Sampai saat ini sudah lebih dari 4.000 masjid dan mushalla di Sumbar yang mempercayakan penge­lolaan keuangannya mela­lui Bank Nagari dengan total saldo lebih dari Rp 34 miliar,” jelasnya.

Tentunya memasuki dan selama bulan Rama­dhan 1443 H tahun 2022 ini, akan semakin bertambah banyak masjid dan mu­shalla yang bergabung di aplikasi NDM ini.

Untuk itu, pengurus masjid dan mushalla agar segera menghubungi dan mendatangi kantor Bank Nagari terdekat guna men­dapatkan penjelasan dan panduan aktivasi aplikasi NDM dan personil Bank Nagari akan melayani de­ngan sebaik-baiknya.

Tahapan pendaftaran NDM bagi masjid dan mu­shalla sangat mudah, per­tama pengurus masjid/mushalla melakukan per­mohonan pendaftaran akun pada aplikasi NDM di kantor Bank Nagari ter­dekat, lalu buka rekening tabungan syariah seka­ligus dengan pendaftaran QRIS rekening masjid/mu­shalla yang dibuka.

Bank Nagari akan mem­berikan username dan pass­word kepada pengurus masjid/mushalla untuk bisa masuk ke aplikasi dan mela­kukan up date data masjid/mushalla yang didaftarkan. Pendaftaran selesai dan aplikasi siap digunakan.

Ke depan Bank Nagari akan semakin memperluas sinergi dan kolaborasi de­ngan masjid dan mushalla, seperti kerja sama edukasi dan literasi syariah, sinergi pemasaran dengan para pemuda dan remaja masjid serta penyuluh agama, edukasi dan pembinaan usaha umat dan kemu­dahan akses layanan per­bankan.

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra me­nyebutkan, setiap orang yang berada di mana pun sepanjang ada terkoneksi dengan jaringan internet atau paket data tersedia, dapat memberi­kan infaq dan sedekah de­ngan sa­ngat mudah melalui apli­kasi NDM ini.

Dijelaskan, tata cara penggunaan aplikasi NDM Bank Nagari sangat mudah dimulai dari membuka ap­likasi NDM pada android atau buka alamat https://digitalmasjid.banknagari.co.id/ pa­­da internet browser, lalu klik “Cari Masjid” pada halaman utama aplikasi.

Selanjutnya, pilih kota atau kabupaten, pilih keca­matan, nama masjid atau mushalla yang diinginkan (spesifik) lalu klik “Cari”. Di samping itu ada cara yang lebih mudah dan sede­rha­na lagi yaitu dengan me­ngetikkan nama masjid/mushalla yang diinginkan klik “Cari”.  Akan tampil na­ma masjid/mushalla yang diinginkan, lalu klik nama masjid/mu­shalla tersebut.

“Kemudian, halaman profil masjid akan muncul, lalu klik “Donasi Sekarang”, sehingga muncul pilihan jenis infaq yang diinginkan, klik “Infak Masjid”. Akan tampil QRIS masjid/mu­shalla (silahkan unduh gam­bar QRIS tersebut) dan juga muncul nomor rekening masjid/mu­shal­la,” ujarnya.

Cara selanjutnya adalah buka aplikasi mobile banking bank yang digunakan, silahkan scan QRIS, lakukan infaq sesuai nominal yang diinginkan dan dana akan segera ma­suk ke rekening masjid/mushalla.

“Atau cara lain adalah lakukan transfer dari mobile banking ke nomor reke­ning masjid/mushalla yang ter­tera dan dana akan sege­ra masuk ke rekening masjid/mushalla,” kata Gusti.

Lebih lanjut Gusti me­nyampaikan, melalui apli­kasi NDM ini masyarakat yang berada di Sumbar maupun yang di peran­tauan dengan mudah da­pat melakukan infak dan sedekah ke masjid/mu­shalla tujuannya di kam­pung halaman tanpa ter­kendala waktu dan tempat.

Informasi dan manfaat aplikasi NDM ini akan dira­sakan jika didukung bersa­ma-sama dengan cara me­nyiarkannya dan mengajak ikut bergabung para kera­bat, handai taulan baik di Sumbar atau di peran­tauan, melalui grup WhatsApp, Instagram, Facebook, dan sosial media lainnya. (*)

Exit mobile version