PAYAKUMBUH, METRO –Dalam upaya meningkatkan mutu layanan dan kemudahan akses layanan bagi seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berinovasi dengan menghadirkan kanal layanan BPJS Kesehatan Online atau VIOLA (Virtual Office Layanan Desa) yang dapat diakses oleh seluruh peserta di berbagai daerah. Inovasi ini menjadi langkah konkret dalam mendukung transformasi digital layanan kesehatan nasional.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase menjelaskan bahwa kanal VIOLA merupakan kanal layanan tanpa tatap muka yang menghadirkan layanan melalui media zoom meeting, untuk memfasilitasi peserta JKN yang membutuhkan layanan administrasi. VIOLA bertujuan untuk meningkatkan kemudahan akses dan keterjangkauan layanan bagi wilayah dengan geografis tertentu, meningkatkan pemahaman peserta terhadap program JKN, meningkatkan cakupan kepesertaan dan meningkatkan kepuasan peserta.
“Mekanisme layanan VIOLA sama persis seperti halnya layanan di kantor cabang yang membedakan hanya petugas frontliner BPJS Kesehatan melayani peserta JKN melalui zoom meeting. Kanal VIOLA ini hadir untuk mewujudkan kemudahan, kecepatan, peningkatan aksesibilitas layanan kepada peserta, serta mendukung efektivitas dan efisiensi layanan,” jelas Defiyanna, Senin (06/10).
Defiyanna menyampaikan jika kanal VIOLA ini memungkinkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring. Mulai dari pendaftaran, perubahan data, permintaan informasi, hingga pengaduan dapat diakses melalui VIOLA. “Kami tidak ingin masyarakat merasakan antrean yang panjang atau bolak-balik hanya untuk mengurus administrasi kepesertaan JKN-nya. Untuk itu, BPJS Kesehatan menghadirkan digitalisasi layanan, seperti VIOLA sebagai upaya menciptakan pelayanan yang humanis, cepat dan tepat sasaran,” kata Defiyanna.
Konsep VIOLA dimulai dari pemilihan lokasi berdasarkan hasil obervasi dan diskusi dengan pemerintah daerah, perangkat desa dan/atau kelurahan. Kegiatan VIOLA menyasar desa atau kelurahan di lokasi tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Menurut Defiyanna, sudah banyak kelurahan dan nagari di wilayah kota Payakumbuh, kabupaten Lima Puluh Kota, hingga kabupaten Tanah Datar yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh terkait layanan VIOLA. Kerja sama tersebut tidak hanya terbatas di kelurahan dan nagari saja, tetapi juga diperluas hingga ke fasilitas kesehatan, instansi, badan usaha, komunitas atau lokasi lainnya yang membutuhkan.
“Kegiatan VIOLA menyasar daerah yang lokasinya jauh dari kantor BPJS Kesehatan, sehingga diharapkan dapat membantu peserta untuk mengakses layanan administrasi tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan. Sebelum kegiatan VIOLA dimulai, PIC di kelurahan atau nagari akan memberikan informasi jadwal layanan kepada masyarakat setempat, termasuk penyediaan perangkat yang dibutuhkan,” ucap Defiyanna.















